Kapolresta Kendari Silaturahmi dengan Berbagai Organisasi Mahasiswa


Kendari, Rakyatpostonline.Com – Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh. Eka Fathurrahman, SH.,SIK, menggelar silaturahmi bertajuk “coffe morning” bersama berbagai organisasi mahasiswa, di Aula Wapada Polresta Kendari, Rabu (10/8/2022).

Kegiatan ini dilakukan Kapolresta Kendari, dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di Kota Kendari.

Adapun yang hadir dalam coffee morning, antara lain:
– Pju Polresta Kendari
– Kapolsek se-Kota Kendari
– Ketua BEM UHO
– Wakil Ketua BEM UHO
– Poros Muda Sultra
– AP2 Sultra
– Stimik Catur Sakti
– Ampera Sultra
– BEM FKIP UHO
– Impib Kendari
– Hmi Kota Kendari
– LPAKN RI
– KPR Sultra
– Ruang Sipil
– Kammi Sultra
– BEM Unsultra
– BEM STMIK
– Kelompok Cipayung Plus Kota Kendari
– GPMI Kota Kendari

Kapolresta Kendari dalam sambutannya, menyampaikan bahwa tujuan diadakan coffee morning, demi menjaga Kamtibmas, menjalin silahturahmi, serta bersinergi dengan seluruh masyarakat, terlebih terhadap organisasi ekternal dan internal kampus yang ada di Kota Kendari.

Kegiatan ini juga bermaksud mendekatkan diri dan membuka ruang seluas-luasnya dengan elemen mahasiswa atau organisasi yang ada di Kota Kendari, demi sinergi membangun Kota Kendari.

“Kami akan membuat semacam tagline Kendari Adem, Sejuk, Aman, Nyaman, Damai di era milenial ini, karena kedepan para mahasiswa sebagai penerus tongkat estafet dari pemerintah selanjutnya,” ujarnya.

Usai penyampaian sambutan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari OKP Eksternal dan unternal kepada Kapolresta Kendari. Pertama AP2 Sultra, menanyakan cara membasmi sumber Narkoba.

Kapolresta Kendari menyampaikan, kewenangan yang diberikan dalam menangani kasus narkotika, bukan hanya di Polri tapi juga di BNN. Namun pembasmian bakal terus dilakukan sesuai kemampuan aparat kepolisian.

Terkait dengan sajam, baik busur maupun parang, sudah dilarang dan sesuai undang-undang dapat dipidana. Pihak kepolisian sendiri terus meningkatkan sosialisasi baik di masyarakat melalui Bhabinkamtibmas dan Kasat Binmas, serta di berbagai sekolah.

Kemudian dari Poros Muda, menanyakan keberadaan forum di Polresta Kendari untuk bekerjasama dengan dalam menangani kasus kekerasan perempuan dan anak.

Dijawab Kapolresta, pihaknya sudah memiliki forum yang dikomandoi oleh Kasat Binmas yaitu RPS yang bertempat di tiap-tiap kelurahan namun hingga saat ini belum dilaksanakan karena harus ada rapat dengan pemerintah setempat

Terakhir dari pihak mahasiswa, ditanyakan mengenai penanganan aksi unjuk rasa, mengapa Polri tidak kerja sama dengan mahasiswa dalam melakukan simulasi penanganan demo.

“Hingga saat ini Polresta Kendari bila ada penyampaian pendapat kami tidak pernah membatasi, tidak pernah melarang dan tetap melayani bila ada yang akan menyampaikan aspirasi atau memberikan pemberitahuan aksi,” ujarnya.

Kemudian dijelaskan, untuk penanganan unjuk rasa, Kapolresta memimpin sendiri dan memberikan arahkan kepada jajarannya, agar dalam melakukan pengamanan aksi unjuk rasa tetap mematuhi aturan sesuai dengan SOP yang berlaku.

“Saya siap membenahi kinerja Polresta Kendari bersama jajaran, baik keluar maupun kedalam. Untuk simulasi bersama dengan rekan rekan mahasiswa, masukkan ini akan kami tindaklanjuti,” tambahnya.

Pada pukul 12.20 Wita, kegiatan coffe morning Kapolresta Kendari Bersama komponen organisasi kemahasiswaan se-Kota Kendari, berakhir dengan sesi foto bersama.


Laporan : Ayu

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.