PT Intech-Pemkab Konut Bangun Kerja Sama Pelayanan Teknologi Informasi Kepada Masyarakat

Ketgam: Drs.Suharto K.Panto Kadis Kominfo Konut


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menerima kunjungan dari PT Intech, Selasa (28/6/2022).

Pertemuan hari ini sebagai bentuk tindak lanjut dari pertemuan pertama oleh pendiri PT Intech, Agus Santoso bersama dengan Bupati Konut, Ruksamin, pada Jumat pekan lalu.

Perusahaan yang bergerak pada bidang multimedia dan pengadaan jaringan ini, bermaksud mensosialisasikan software dan hardware yang mereka kembangkan, dalam rangka pengoptimalan pelayanan daerah di bidang teknologi informasi kepada masyarakat.

Dalam aplikasi bernama YouTV dan perangkat yang diberi nama Miracle Box, PT Intech menawarkan kepada Pemkab Konut berupa layanan TV yang dapat diakses gratis secara online tanpa menggunakan internet.

PT Intech juga menawarkan saluran televisi yang dapat diakses oleh masyarakat melalui aplikasi ini. Hal ini menjadi wujud layanan Pemkab Konut kepada masyarakat.

Dalam pertemuan dijelaskan, salah satu alasan Pemkab Konut melalui Diskominfo, tertarik menggandeng PT Intech untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat karena teknologi yang digunakan begitu canggih.

Dijelaskan, teknologi oleh PT Intech ini hanya digunakan oleh 5 negara di seluruh dunia, salah satunya Amerika. Kolaborasi ini juga akan menghadirkan sistem pelayanan masyarakat satu pintu.

Melalui satu aplikasi, masyarakat dapat mengakses layanan perizinan, pengurusan data penduduk, layanan kesehatan, informasi program-program daerah, serta edukasi melalui televisi ruang guru.

Drs. Suharto K. Panto selaku Plt. Kadis Kominfo Konut, menyambut baik kedatangan pihak PT Intech sebagai salah satu upaya mewujudkan visi misi Konasara Jilid II.

Sebagai tindak lanjut, Drs. Suharto K. Panto selaku Pimpinan Diskominfo akan mengkoordinasikan program ini kepada Bupati Konut dan memerintahkan kepada bawahannya untuk membuat pemetaan wilayah.

Pemetaan ini akan menjadi titik pemasangan alat yang direncanakan akan menyentuh setiap desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Konut.

Kegiatan sosialisasi hari ini diikuti dengan antusias oleh Kepala Seksi serta para Staf Dinas Kominfo, terutama oleh ASN Fungsional Ahli Pertama-Pranata Siaran dan Asisten Pranata Siaran yang merupakan jabatan baru dan menjadi jabatan fungsional pada Diskominfo satu-satunya Provinsi di Sulawesi Tenggara (Sultra).


Laporan : Din

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.