https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Puskesmas Tapunggaya Diresmikan, Pelayanan Diharap Meningkat

Ketgam: Bupati Konawe Utara(Konut),H.Ruksamin ketika memberikan sambutan peresmian puskesmas Tapunggaya,Senin (20/06/2022),(*Din/RP)


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Bupati Konawe Utara (Konut), H. Ruksamin, akhirnya meresmikan Puskesmas Tapunggaya yang terletak di Kecamatan Molawe, Senin, (20/6/2022).

Puskesmas yang dibangun dengan desain dua lantai, berdiri di lokasi strategis, kokoh di pinggir pantai nan indah ini, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar 2,7 miliar rupiah.

Bangunan ini dilengkapi sarana yang memadai, antara lain tenaga kesehatan mumpuni, peralatan perawatan cukup, hingga lingkungannya yang ramah.

Ketgam: penyambutan Bupati Konut,dan rombongan oleh tarian.Di acara peresmian Gedung Baru puskesmas tapunggaya,(*Din/Rp)

Bupati dalam sambutannya usai peresmian, berharap bahwa seremoni hari ini tak hanya gedungnya serta sarana peralatannya yang baru, namun juga pelayanannya ditingkatkan.

“Jangan hanya gedungnya, mobilnya, tenaga medisnya, dokternya, semuanya baru, tapi yang lebih penting yakni pelayanan kepada masyarakat yang semakin baik lagi,” ujarnya.

Dijelaskan, pelayanan yang diharapkan meningkat ini, mencakup berbagai hal urgen, antara lain menurunkan angka stunting, hilangkan kematian ibu dan anak, serta peningkatan imunisasi.

Lebih dari itu kata bupati, pemerintah pusat masih bergelut dengan upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga vaksinasi hingga tahap ketiga atau booster terus dikebut.

“Alhamdulillah penanganan Covid-19 kita urutan satu di Sultra, tapi ini harus ditingkatkan lagi. Kami harapkan ini dapat menjangkau lebih banyak pelayanan kepada masyarakat dan tenaga medis melayani dengan sepenuh hati,” ujarnya.

Bupati tak hanya meminta agar mutu dan layanan di Puskesmas ini terus ditingkatkan, namun ia berharap pada masyarakat setempat agar dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah dengan baik.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut sendiri kata Ruksamin, telah melakukan berbagai upaya peningkatan, pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan, baik itu dalam pelayanan klinis, manajemen dan penyelenggaraan upaya kesehatan.

“Upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) di tingkat desa terus ditingkatkan dengan adanya beberapa puskesmas di Konut, terkhusus Puskemas Tapunggaya. Ini diharapkan memberikan kontribusi pada peningkatan capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Peningkatan IPM, serta usia harapan hidup di Konut,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu pula, mantan Ketua DPRD Konut ini juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan menuntaskan jalan masyarakat di tiga desa, pada wilayah kecamatan Molawe yang telah di anggarakan melalui dana APBD.

Selain pengaspalan jalan pihaknya pun akan membuka jalur jalan baru dari Desa Sambandete menuju Desa Tapunopaka, melalui bantuan CSR PT Aneka Tambang (Antam) site Konut.

“Semua ini terlaksana tentunya karena peran dari teman-teman anggota DPRD Konut, karena kami hanya menyodorkan, teman-teman yang menyetujui, sehingga kami juga berterima kasih kepada anggota DPRD,” tutupnya.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *