PKD ke-III PC Ansor Konut Ciptakan Kader Unggul


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Konawe Utara (Konut), menggelar Pelatihan Kepemimpinam Dasar (PKD) ke-III.

Hadir dalam kegiatan, Pengurus Wilayah GP Ansor Provinsi Sulawesi Tenggara, Pendais Haq, Assisten III Pemkab Konut, La Ondjo, Wakapolres Konut, Kompol Bayu. PKD berlangsung selama dua hari, pada Sabtu hingga Minggu (18-19/6/2022).

Peserta PKD ke III PC GP Ansor Konut diikuti oleh sejumlah delegasi dari masing-masing kecamatan yang ada di Konawe Utara. Bahkan terdapat peserta dari delegasi dari kabupaten tetangga, Konawe.

Ketua PC GP Ansor Konut, Masmudin mengapresiasi panitia penyelenggara PKD III PC GP Ansor yang telah membantu baik secara pikiran, tenaga dan materi, sehingga kegiatan PKD dapat terselenggara.

Masmudin berharap, PKD ini menjadi kemajuan buat Ansor agar bisa terus maju, pemuda juga bisa saling mengisi satu sama lain dalam ruang apapun. Peserta PKD yang ikut juga dapat menjadi pemimpin yang ideal, dalam merawat keutuhan NKRI dan agama.

“Di pelatihan ini, semua peserta akan menerima materi dari mulai kepemimpinan, keagamaan, kebangsaan, aswaja, NU, Ansor, Banser hingga peraturan baris-berbaris,” ujar Masmuddin, Minggu (19/6/2022).

Masmuddin juga berharap, sahabat-sahabat Ansor yang ikut PKD dapat menjadi cahaya dakwah aswaja an-nahdiyah yang kemudian kedepannya, bisa terus menjaga dan mempertahankan kebhinekaan dari rongrongan radikalisme.

“Semoga sahabat-sahabat semua juga bisa menjadi pemimpin bangsa dikemudian hari,” kata Masmuddin.

Sementara itu, Sekretaris PC GP Ansor Konut, Jakri Jafar menambahkan, bila PKD merupakan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan kader tingkat pertama yang wajib diikuti oleh setiap orang yang ingin bergabung dengan Ansor. Kemudian ada jenjang berikutnya yakni pelatihan kepemimpinan lanjutan (PKL) dan pelatihan kepemimpinan nasional (PKN).

“Ini menjadi sebuah sistem pengkaderan di GP Ansor yang diorentasikan untuk melakukan penanaman ideologi kepada anggota. Harapan PKD ini bisa mencetak kader-kader yang berwawasan luas dan siap mempertahankan ideologi bangsa dan keutuhan pancasila, serta melawan orang-orang yang berfaham luar yang terus ingin mengganti pancasila dengan ideologi lain,” pungkasnya.


Laporan : Din

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *