Plt Kades Awila Puncak Tuntaskan Berbagai Program

Ketgam: kades Plt Awila puncak Rita Dwianti


Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat melalui Dana Desa (DD), kini lagi gencarnya terlaksana di Desa Awila Puncak, Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Awila Puncak tak mau ketinggalan dalam melaksanakan pembangunan skala prioritas, demi misi membangun desa dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dibawah kepemimpinan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Awila Puncak, Rita Dwianti yang menjabat sejak Mei 2021 ini, berbagai upaya terus digenjot, demi melengkapi sarana dan prasarana.

Kepemimpinan Rita Dwianti selama tahun 2022, berhasil menuntaskan berbagai program melalui DD, seperti menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) tahap pertama kepada 72 keluarga penerima manfaat (KPM), beberapa hari lalu.

Dijelaskan Rita kepada Rakyatpostonline.com, Selasa (31/5/2022), setiap KPM menerima BLT-DD sebanyak Rp900.000, akumulasi dari Januari hingga Maret.

“Total anggaran yang digunakan dalam penyaluran BLT-DD tahap pertama tahun 2022 ini senilai Rp64.800.000,” bebernya.

Selain BLT-DD, Pemdes Awila Puncak juga menyalurkan berbagai bantuan kepada warga, antara lain obat herbal MJA dalam rangka memutus penyebaran mata rantai Covid-19.

Bantuan lain di bidang ketahanan pangan, antara lain pengadaan kambing 16 ekor, terbagi dari dusun 1, 2 hingga 3, termasuk kandangnya yang disiapkan dan dikontrol masing-masing ketua kelompok.

Tambahan bantuan ketahanan pangan yakni pengadaan ayam, pemanfaatan pekarangan penanaman aneka sayur, termasuk bibit, alat semprot tangki, dan tidak lupa bahan pembersih racun.

Pemdes Awila Puncak juga memberikan bantuan stunting berupa makanan tambahan, susu, serta vitamin ibu hamil dan balita. Bukan hanya itu, honorarium tenaga kesehatan juga diberikan.

Dari segi infrastruktur, Pemdes Awila Puncak membangun tapal batas, berbatasan dengan Awila Induk. Pembangunan ini dikelola langsung Ketua LPM bersama anggotanya.dan pembangunan pagar Desa di Awila puncak degan bentangan panjang kurang lebih satu kilo kami kerja secara gotong royong Tampa mengunakan anggaran Dana ADD dan DD jelasnya

“Kami adakan ini sesuai kebutuhan masyarakat yang mereka dibutuhkan di tiap dusun, intinya ini semua dari hasil musyawarah desa (Musdes),” terangnya.

Rita Dwianti tak ketinggalan, menyampaikan imbauan kepada warganya untuk bersinergi dengan pemerintah, demi pembangunan desa yang lebih maju.

Ia juga berharap, warga Desa Awila Puncak lebih aktif, seperti untuk peternakan, baik kambing maupun ayam, baiknya mengusulkan kepada ketua kelompoknya masing-masing.

“Saya ingin desaku ini berkembang lebih lagi. Kita bersaing dengan desa-desa lain,” tutup Plt Kades Awila Puncak.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *