https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Aksi Ketua DPRD Konut Turun Bantu Korban Banjir di Awila

Ketgam: ketua DPRD KONUT IKBAR SH,MH dan sekwan Konut Asmadi S,PD saat turun membantu warga desa awila puncak terdampak banjir


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Utara (Konut), terkenal dengan jiwa sosialnya yang tinggi.

Terbukti saat ia bersama mahasiswa, turun lapangan membagikan paket buka puasa Ramadan pada April lalu, kepada para pengguna jalan di Kota Kendari.

Kini ia kembali beraksi dengan turun langsung membantu korban banjir di Desa Awila, Kecamatan Molawe, Kabupaten Konut, Kamis (19/5/2022).

Pantauan awak media, intensitas hujan yang tinggi, membuat rumah warga di Desa Awila terendam banjir, dengan ketinggian mulai dari mata kaki orang dewasa hingga mencapai pinggang. Tak hanya itu, ruas jalan juga tertutup banjir.

Tiba di lokasi banjir sekira pukul 00.00 Wita atau jam 12 malam, Ikbar langsung membantu warga dan meninjau lokasi terjadinya bencana.

Ikbar saat membantu korban banjir, terlihat hanya mengenakan setelan celana pendek dan baju kaos oblong. Ia didampingi Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Konut, Asmadin, serta Kepala Desa (Kades) Awila.

Kondisi yang terjadi membuat pria bergelar magister hukum ini, merasa iba kepada warganya yang terdampak banjir. Sehingga, dirinya harus membatalkan jadwal agenda rapat kerja bersama mitra pemerintah.

“Ada sekitar 17 rumah warga terdampak banjir. Ini yang lebih penting warga saya. Paling tidak dengan kehadiran kita datang bantu masyarakat, bisa memberikan dukungan moril,” ujarnya.

Ia juga ikut membantu melakukan evakuasi terhadap beberapa warga, menggunakan tali penolong yang dipasang agar korban tidak terbawa arus air.

Menurut tinjauannya, hujan deras menyebabkan volume air naik, aliran sungai Awila tidak dapat menampung debet, ditambah terjadi pendangkalan di sungai sehingga air dengan cepat meluap, lalu masuk ke jalan dan rumah warga.

“Saya meminta BPBD Konut agar siap 1 kali 24 jam mengantisipasi terjadinya banjir susulan, serta meminta Dinsos dan Dinkes juga agar melakukan penanganan dini mencegah munculnya penyakit diare dan lain sebagainya,” katanya.

Politisi muda Partai Bulan Bintang (PBB) ini, terus memberikan dukungan kepada masyarakat yang terdampak, serta mengimbau agar tetap waspada.

“Kepada masyarakat agar segera mengevakuasi barang-barang berharganya, ketempat yang lebih aman,” tutup Ikbar.


Laporan : Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *