https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Inovasi Bupati Konut Manfaatkan Pekarangan Rujab Menjadi Kebun

H. Ruksamin panen sayur di pekarangan rumah jabatan (Rujab) Bupati Konut, di Kelurahan Wanggudu, Kecamatan Asera. (*Ist)

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Kepala daerah memang identik dengan manajemen kepemimpinan demi membangun daerah, baik dalam bidang infrastruktur, maupun pembangunan manusia, seperti menurunkan angka kemiskinan, menjaga kesehatan rakyat, dan lain sebagainya.

Namun Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin mampu melakukan sesuatu yang lebih yakni berkebun. Hal yang tentu jarang dilakukan oleh seorang pemimpin eksekutif tertinggi di suatu daerah.

Apalagi aktivitas berkebun ini, tidak dilakukan di lahan luas pada umumnya, namun di tempat sempit yakni pekarangan rumah jabatan (Rujab) Bupati Konut, di Kelurahan Wanggudu, Kecamatan Asera.

Lahan sempit ini, justru dimanfaatkan Ruksamin dengan kreativitasnya yang sangat tinggi. Berbagai jenis sayuran ditanaminya, seperti mentimun, terong, hingga sawi.

Pipa dirancang untuk terus menyirami tanaman secara berkala. Tak hanya itu, daun diatur sedemikian rapinya, di atas kawat besi. Lampu juga disusun demi menambah nilai estetika.

Dalam video berdurasi dua menit 24 detik yang diunggah oleh salah satu warga Konut di akun Whattshapnya, pada Selasa pagi (3/5/2022), Bupati Konut terlihat berada di lokasi pekarangan Rujabnya.

Pria kelahiran Lasolo ini, tampil dengan setelan baju kaos lengan pendek putih, celana hitam, lengkap dengan topi ala koboi berwarna coklat.

Rupanya, Ruksamin tengah panen sayur-mayur. Tak lupa ia memamerkan hasil kebun yang telah dipetiknya. Semuanya terlihat besar dan segar.

“Masing-masing sayur yang dipanen hari ini, beratnya hampir sekilo semua,” kata Ruksamin sembari menunjukkan hasil panennya.

Dalam video tersebut, Ruksamin mengajak kepada seluruh warganya agar memanfaatkan pekarangan rumahnya masing-masing, meski ukurannya sangat kecil.

“Mari manfaatkan pekarangan disekitar rumah kita, untuk meningkatkan pendapatan ekonomi kita,” tutup Mantan Ketua DPRD Konut ini. (**)


Laporan : Syaifuddin | Iwal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *