https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Tak Patuhi Surat BKN RI, Walikota Binjai Labrak Aturan ?

Walikota Binjai, Amir Hamzah. (*Ist)

Binjai, Rakyatpostonline.com – Walikota Binjai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Amir Hamzah Kangkangi, diduga tak mematuhi surat Deputi pengawasan dan pengendalian BKN RI tertanggal 3 Februari 2022, serta Peraturan Pemerintah, Pasal 8 No. 1983 Jo PP No 45 tentang izin perkawinan dan perceraian bagi ASN, dan PP No 30 Tahun 1980 Jo PP No 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN serta UU ASN pasal 87 (3) tentang pemberhentian ASN.

Hal ini disampaikan Suyatno pihak BKN kepada Yanti saat ditemui di gedung BKN lantai 1 jakarta. Menurut Yanti saat ditemui rabu (04/05/2022) Walikota Binjai, Amir Hamzah selaku pembina kepegawaian dilingkungan Pemkot Binjai seharusnya mematuhi UU tentang Pemerintahan daerah ini malah membiarkan Adri Rivanto (terlapor).

Diketahui, Adri Rivanto tidak melaksanakan kewajiban pembagian gaji terhadap dirinya padahal jelas diatur di PP no 53 tahun 2010 tentang izin perkawinan dan perceraian.

“Adri kan sudah dilaporkan menelantarkan saya selama 11 tahun seharusnya Walikota Amir tegas dalam tindakan merujuk pada PP ASN, demikian juga surat dari Deputi BKN telah mewarning Walikota Binjai abaikan surat perintah tersebut, bila tidak dijalankan sesuai prosedur hukum yang berlaku ada sanksi pemblokiran data berikut gaji hingga tunjangan,” Tutur yanti.

Melalui Suyatno pihak BKN sedang merapatkan penentuan keputusan terhadap pihak pemkot binjai, dalam menyelesaikan masalah pengaduan Tiur selaku pelapor. Jelas tertera pada PP no 53 tahun 2010 tentang izin perkawinan dan perceraian.

“Pria yang menolak/tidak melaksanakan pasal 8 PP No 10 tahun 1983 Jo PP 45 tahun 1990 dijatuhi hukuman salah satu disiplin tingkat berat dan aturan ini telah dituangkan Deputi pengawasan BKN dalam bentuk surat ke Walikota Binjai. Adri disanksi pemecatan,” Cetus Yanti.

Terkait Surat dari BKN ke Amir hamzah saat dikonfirmasi Amir sulit dihubungi bahkan enggan memberi jawaban, pesan terkirim chekliss dua pertanda masuk.


Laporan : Syam Hadi Purba
Editor : Muhammad Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *