Hari ini Terjadi Gerhana Matahari Total!

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Jakarta, Rakyatpostonline.com – Gerhana matahari total dilaporkan berlangsung pada hari ini, Sabtu 4 Desember 2021. Sejumlah wilayah di belahan bumi akan dapat menyaksikannya. Lantas, apakah bisa disaksikan dari wilayah Indonesia?

Sebagaimana dikutip dari laman Indiatoday, Sabtu (4/12/2021), fenomena alam gerhana matahari total yang sangat langka ini hanya bisa dilihat dari wilayah belahan bumi selatan. Artinya, tidak bisa disaksikan dari wilayah Indonesia.

Sejumlah negara yang bisa menyaksikan gerhana matahari total ini antara lain Namibia, Lesotho, Afrika Selatan, Saint Helena, dan Georgia Selatan. Kemudian ada Kepulauan Crozet, Kepulauan Sandwich, Kepulauan Falkland, Cile, Selandia Baru, serta Australia.

Ketika terjadi gerhana matahari total, maka bulan bergerak di antara matahari dan bumi. Selanjutnya menimbulkan bayangan di bumi dan sebagian menghalangi cahaya matahari di beberapa wilayah.

Berdasarkan laporan Pusat Riset Antariksa LAPAN-Brin, gerhana matahari total akan berlangsung pada Sabtu siang ini dimulai pada pukul 10.59 pagi waktu setempat. Kemudian berangsur-angsur gerhana matahari akan terus terjadi pada 12.30 siang hingga sore hari waktu setempat.

Fenomena astronomi tersebut bakal mencapai fase maksimum pada pukul 01.03 siang waktu setempat dengan durasi 90–116 detik. Selanjutnya pada pukul 15.07 sore, barulah gerhana matahari total berakhir.

Bagi masyarakat yang negaranya tidak terjadi gerhana matahari total jangan khawatir, bisa menyaksikannya melalui akun YouTube NASA Live. (*CNBC)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!