Usai Unair, H Ruksamin Teken Kerja Sama dengan Dua Universitas Ternama di Surabaya

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin menandatangani MoU dengan Unusa dan Unesa, berlangsung di gedung rektorat masing-masing, Rabu (5/6/2024).

Jawa Timur, Rakyatpostonline.com – Sebelumnya, Bupati Konawe Utara (Konut), Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU,. ASEAN. Eng, menandatangani kerja sama dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya.

Kini Ruksamin melanjutkan pertemuan dengan mengunjungi dua universitas terkemuka yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Bupati saat di Unusa, diterima langsung oleh Rektor Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng. Sementara di Unesa, disambut oleh Wakil Rektor IV, Dr. Martadi, M.Sn, yang mewakili Rektor Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Dalam dua pertemuan tersebut, Ruksamin melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut dengan Unusa dan Unesa, berlangsung di gedung rektorat masing-masing, Rabu (5/6/2024).

Ruksamin dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat dan kesediaan kedua universita, untuk menjalin kerja sama dengan Pemkab Konut.

Bupati Konut dua periode itu, mengatakan bahwa kerja sama akan difokuskan pada pengembangan tenaga pendidik atau profesi guru di Konut. Pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi para guru melalui pendidikan lanjutan dan pelatihan profesional di Unesa.

Sementara itu, kerja sama dengan Universitas Unusa akan berfokus pada pengembangan tenaga kesehatan. Menurut Ruksamin, bidang kesehatan merupakan prioritas utama yang perlu diperkuat di Konut.

Selain fokus pada pendidikan dan kesehatan, Ruksamin juga mengungkapkan harapannya untuk menjalin kerja sama dalam bidang pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Konut.

Hal ini penting, mengingat Konut merupakan daerah pertambangan, pengelolaan CSR yang baik dan pengembangan UMKM sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap, melalui MoU yang baru saja ditandatangani, cita-cita bersama untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 dapat tercapai, dengan Konut sebagai bagian dari pencapaian tersebut,” tutup Ruksamin. (**)


Laporan : Syaifuddin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *