Bupati Konut Sampaikan Tiga Hal Penting Saat Pembukaan Musrenbang RPJPD 2025-2045

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin membuka resmi Musrenbang RPJPD tahun 2025-2045, di Hotel Plaza Inn Kendari, Rabu (29/5/2024).

Kendari, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe Utara (Konut), H. Ruksamin, secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045, di Hotel Plaza Inn Kendari, Rabu (29/5/2024).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Konut, H. Abuhaera, anggota DPRD Konut, jajaran Forkopimda, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Pj Sekda Konut, serta kepala instansi vertikal dan OPD se-Kabupaten Konut.

Dalam sambutannya, Ruksamin menyampaikan bahwa penyusunan dokumen RPJPD inj merupakan agenda nasional yang dilaksanakan serentak oleh seluruh daerah di Indonesia, sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri dan Kepala Bappenas Nomor 1 Tahun 2024.

Bupati menjelaskan bahwa tujuan RPDP adalah menciptakan keselarasan dan sinergi antara pembangunan pusat dan daerah. Ia memaparkan visi Kabupaten Konut tahun 2025-2045, yaitu mewujudkan Konawe Utara yang maju, sejahtera, berbudaya luhur, dan berkelanjutan.

Lebih lanjut ia memaparkan, untuk mewujudkan visi tersebut, ditetapkan 5 sasaran visi, 8 misi pembangunan, 17 arah pembangunan, serta 45 indikator utama pembangunan daerah.

H. Ruksamin menerangkan arah pembangunan pemerintah Kabupaten Konawe Utara pada wawancara media.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ruksamin menekankan tiga hal penting yakni:
1. Pentingnya kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, dalam menghadapi permasalahan dan tantangan pembangunan daerah selama 20 tahun kedepannya.
2. Pentingnya memperhatikan arah pembangunan nasional untuk menjamin sinkronisasi antara pusat dan daerah.
3. Upaya transformasi pembangunan daerah untuk mewujudkan Konut yang lebih maju dalam dua dekade mendatang.

Mengakhiri sambutannya, Ruksamin menyatakan keyakinannya bahwa Konut akan mengambil peran penting dalam mencapai Indonesia Emas 2045.

“Saya yakin, dengan kerja keras dan kolaborasi yang baik, Konawe Utara akan berkontribusi signifikan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” katanya.

Setelah pembukaan acara, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara para pemangku kepentingan terkait penyusunan RPJPD. Acara tersebut diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan Musrenbang. (**)


Laporan : Syaifuddin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *