Ketua DPRD Konawe Apresiasi Pelatihan Mombesara Murid SD hingga SMP

Konawe, Rakyatpostonline.Com – Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah XIX bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Konawe, menggelar pelatihan mombesara bagi murid SD hingga SMP.

Kegiatan ini berlangsung di salah satu hotel Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Senin (27/5/2024), dengan menghadirkan dua tokoh adat selaku narasumber yakni Jusmar, S.Sos, dan Altin Timbu Lapaleadu.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Konawe, Andang Masnur, kepada awak media mengatakan, kegiatan ini bagian dari program Sekolah Kader Kalosara yang digagasnya bersama tokoh adat Tolaki.

Pelatihan tradisi Adat Suku Tolaki Mombesara ini, diikuti 50 murid gabungan SD hingga SMP dari 25 sekolah yang dipilih oleh Disdikbud Konawe.

Masing-masing murid memperagakan prosesi Mombesara, ada yang berperan sebagai pemangku adat, hingga sebagai kepala desa.

Menanggapi ini, Ketua DPRD Konawe, Ardin, kepada awak media, mengungkapkan dukungannya, sebab pelatihan ini sangat penting dalam membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) murid sejak dini.

“Mombesara merupakan salah satu tradisi Suku Tolaki dengan nilai-nilai luhur, sehingga harus dilestarikan,” ujarnya.

Ardin berharap, pelatihan Mombesara ini mampu memberikan semangat lebih kepada para murid, untuk lebih mendalami dan menerapkan nilai adat suku tolaki dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih dari itu, kegiatan ini diupayakan tidak berhenti sampai disini saja, namun bisa menjadi bagian dari program kebudayaan jangka panjang, agar dapat melahirkan sumber daya manusia berkualitas di Kabupaten Konawe pada masa yang akan datang.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan literasi sejak dini kepada peserta didik, terkait nilai-nilai adat Suku Tolaki tolaki,” pungkasnya.


Laporan : Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *