Bupati Konut Imbau Kepala OPD Lakukan Upaya Preventif Siaga Bencana Banjir

Bupati Konawe Utara, Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN Eng.

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Intensitas curah hujan tinggi membuat sejumlah titik wilayah di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami banjir.

Bupati Konawe Utara, Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN Eng, meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan upaya preventif siap siaga menghadapi kerawanan siaga banjir dan bencana alam di daerah julukan bumi oheo itu.

“Saya minta seluruh OPD siap siaga -standby on call- mengingat kerawanan banjir dan bencana alam di daerah ini sangat potensial terjadi kapan saja,” kata H. Ruksamin saat dihubungi melalui Via WhatsApp kepada Kroscek.co.id.

Ia meminta saling berkoordinasi dan memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing. Seperti menghadapi bencana banjir dan tanah longsor di dua kecamatan untuk menyiagakan personel mengatasi banjir di Kecamatan Lembo dan Sawa.

Bupati dua periode ini berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Damkar dan OPD lainnya, termasuk para camat dan kepala desa agar siap siaga.

Menurutnya, pemerintah kabupaten konawe utara terus berkoordinasi dengan semua pihak bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Konawe Utara.

“Kami melakukan gerak cepat dalam penanganan bencana banjir terutamanya di kecamatan Lembo dan Sawa, mulai tergenang air. Saya sudah memberikan perintah untuk segera menindaklanjuti banjir tersebut,” Ungkap H. Ruksamin.

Pemerintah Kabupaten akan menyiapkan dalam bentuk bantuan, maka dinas terkait, sosial ataupun kesehatan supaya mempersiapkan langkah-langkah secepatnya.

“Kepala Dinas Sosial diperintahkan Bupati Konawe Utara segera menyiapkan pasokan logistik berupa bahan makanan untuk warga, begitu pula kepala OPD lainnya menyesuaikan tugas dan fungsinya,” Paparnya. (**)


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *