Ketua DPRD Konawe Ajak Pemda Bantu Korban Angin Kencang

Konawe, Rakyatpostonline.Com – Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir, membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe terdampak bencana alam, utamanya angin kencang.

Menyikapi peristiwa ini Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Dr. Ardin, mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe untuk berbuat demi masyarakat.

Ardin mengajak Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Dr. Harmin Ramba, serta seluruh jajarannya untuk segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

Disebutkan, wilayah yang terkena dampak bencana alam, seperti di Kecamatan Routa yang dilanda banjir, Kecamatan Konawe sebuah rumah milik warga yang dihantam angin puting beliung, Kecamatan Wonggeduku juga angin puting beliung, Kecamatan Unaaha serta pepohonan yang tumbang yang secepatnya harus segera di bersihkan.

“Pemerintah kami harapkan segera turun langsung, terutama leading sektor bencana (BPBD) dan dinas terkait,” tambahnya.


Kata Ardin, persoalan anggaran tidak perlu ragu, pemerintah bisa menggunakan anggaran bencana atau dana khusus yang disiapkan untuk mengatasi masalah genting atau bencana seperti saat ini.

“Kita bisa gunakan dana bencana kita, poinnya masyarakat membutuhkan bantuan kita, olehnya tidak ada alasan bagi kita untuk membantu,” tutup Ardin.

Sebelumnya sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe diterjang bencana alam Angin Puting Beliung, Senin (22/1/2024) kemarin.

Angin disertai petir dan hujan yang menerjang, menyebabkan sejumlah rumah milik warga mengalami kerusakan, pohon tumbang hingga kabel listrik milik PLN di Unaaha putus.

Warga yang terdampak bencana terpaksa harus mengungsi di rumah keluarga mereka untuk sementara waktu.


Laporan : Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *