DPRD Konawe Jaga Sinergitas Bersama Pemda

Konawe, Rakyatpostonline.Com – Ketua DPRD Konawe, Ardin, kepada awak media, Jumat (12/1/2024), mengungkapkan bahwa antara eksekutif dan legislatif, selama ini telah bersinergi membangun daerah.

Salah satunya yakni menerbitkan berbagai regulasi, dengan satu tujuan bahwa potensi SDA dan SDM harus dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat dan kebaikan daerah yang kita cintai ini.

Kemudian serangkaian pencapaian Kabupaten Konawe, tentunya ditopang dari pencapaian keberhasilan secara sektoral yang tidak dapat diuraikan satu-persatu.

Dijelaskan, hakekat atas otonomi daerah yaitu kemandirian daerah, daya saing, dan aspek pelayanan publik telah dilaksanakan di Kabupaten Konawe dengan sangat baik.

Pencapaian aspek kemandirian dapat dilihat dengan adanya upaya meningkatkan kapasitas fiskal daerah, melalui peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap total APBD.

Dikatakan, kesuksesan dalam melangkah sejauh ini di Konawe, tidak terlepas dari komitmen dan konsistensi dalam menjalankan strategi yang digagas bersama.

Filosofi tersebut bermakna bahwa pemerintah selalu berkomitmen membangun kesejahteraan ekonomi agar masyarakat bisa sekolah dan sehat, kemudian menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang andal.

Pemerintah bersama legislatif kemudian merumuskan langkah-langkah strategis yang akan ditempuh, termasuk mampu memaknai hakekat otonomi daerah yang bertujuan mewujudkan kemandirian ekonomi daerah.

Disamping itu pula, kemampuan pemerintah bersama DPRD dalam melihat potensi, dengan niat mengelola daerah ini dengan kesungguhan dan ketulusan, menjadi kunci keberhasilan selama ini.

Berbagai prestasi yang telah dicapai, telah diperoleh secara tidak sengaja, namun semua itu didesain dengan perencanaan yang matang.

“Formulasi kebijakan pembangunan selama ini di Konawe, berorientasi pada kemandirian daerah, daya saing dan peningkatan pelayanan publik,” katanya.

Selanjutnya kata Ardin, pihaknya di tahun 2024, bakal terus bersinergi dengan Pemkab Konawe, dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Ini tentu hal mutlak agar pembangunan daerah berjalan baik,” pungkas Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.


Laporan : Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *