Ruksamin Menjadi Narasumber Program Acara Perspektif TVRI

Bupati Konut menerima cinderamata acara Perspektif TVRI dalam isu menyukseskan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Menuju Kabupaten Konut Lengkap Tahun 2023-2024".

Kendari, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin menjadi narasumber dalam program acara Perspektif TVRI Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa (24/10/2023).

Kegiatan ini mengangkat tema “Dukungan Pemerintah Daerah Konawe Utara Dalam Rangka Menyukseskan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Menuju Kabupaten Konut Lengkap Tahun 2023-2024”.

Selain Ruksamin, hadir pula narasumber lain, Kepala Kantor Wilayah BPN Sultra Dr. Asep Heri, SH., MH.,QRMP, dan Kepala Kantor Wilayah BPN Konut Erny, SP., M.Si.

Acara yang berlangsung live pada pukul 16:00 Wita tersebut berlangsung di studio siaran berita kantor Lembaga penyiaran publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) Sultra.

Ruksamin dalam forum tersebut menjelaskan, PTSL merupakan suatu program serentak yang dilaksanakan oleh pemerintah, untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan hak atas suatu tanah milik masyarakat secara gratis. Program sertifikasi gratis ini telah dilaksanakan sejak tahun 2018 .

Dalam acara tersebut Ruksamin juga mengatakan, tahun 2023 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut telah mengalokasikan anggaran senilai 5,1 miliar rupiah untuk menyelesaikan lahan-lahan yang belum bersertifikat di wilayah Konut.

“Saya mau kabupaten lengkap administrasi. Ini adalah upaya Pemda hadir untuk memberikan hak-hak yang diakui secara hukum kepada masyarakat,” ucapnya

Ruksamin juga menyampaikan kepada warganya yang masih terdapat masalah terkait lahan, untuk segera dilaporkan kepada pemerintah. Dirinya menjamin Pemkab Konut akan memfasilitasi penyelesaian lahan tersebut.

“Kita akan fasilitasi, datang kebagian tata pemerintahan, saya hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Ruksamin juga meminta kepada warganya, serta pihak-pihak terkait untuk bersama menyukseskan PTSL Menuju Kabupaten Konut Lengkap Tahun 2023-2024.

Selain itu Ruksamin juga menyampaikan terima kasih kepada BPN yang terus berkolaborasi dalam menyukseskan PTSL Menuju Kabupaten Konut Lengkap.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPN Sultra, Dr. Asep Heri, dalam dialog tersebut juga mengucapkan terima kasih dan pujian kepada Bupati Konut yang membantu program PTSLm

“Atas nama kementerian saya ucapkan terima kasih kepada bupati, kami sangat bangga dan senang,” ucapnya

Asep berharap, Pemkab lainnya di Provinsi Sultra, juga dapat memberikan dukungan seperti yang dilakukan Pemkab Konut.

”Di Konut ini bupati begitu pahamp akan kebutuhan rakyatnya dan manfaat PTSL. Bapak bupati membuat gerakan gema batas atau pemasangan tanda batas di seluruh wilayah Konut,” tutupnya.

Usai pelaksanan acara, di kesempatan itu, Ruksamin juga menyerahkan cenderamata kepada Pimpinan TVRI Sultra.


Laporan: Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *