Kenali Wisata Tali Sewu, Destinasi Indah di Ujung Kabupaten Koltim

Ketgam : kadis Pariwisata Koltim Solwan Sovian,dan permandian Air terjuan Tali Sewu Rabu (22/03/2023).

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), banyak menyimpan destinasi wisata alam yang patut dikunjungi. Salah satu yang begitu indah dan patut direkomendasikan yakni Destinasi Wisata Tali Sewu, di Desa Likuwalanapo, Kecamatan Ueesi.

Tali Sewu ini merupakan wisata alam air terjun, dengan pesona luar biasa di hamparan hutan asri, sehingga menyajikan sensansi tersendiri bagi pengunjung.

Dengan suasana alam cukup dingin dan air yang sangat jernih, dijamin membuat para wisatawan yang berkunjung di air terjun Tali Sewu ini menjadi betah untuk berlama-lama.

Perjalanan ke destinasi Tali Sewu butuh energi ekstra. Dari Ibu Kota Koltim yakni Tirawuta, menuju ke Kelurahan Ueesi butuh waktu sekira enam jam perjalanan.

Ketgam : Plt Bupati Koltim Abdul Azis dan unsur OPD waktu berkunjung di permandian Tali Sewu

Kemudian dari Kelurahan Ueesi merupakan Ibu Kota Kecamatan Ueesi, menuju Destinasi Tali Sewu di Desa Likuwalanapo, membutuhkan waktu sekira tiga jam lamanya.

Butuh tenaga dan keberanian ekstra bagi pengguna jalan untuk bisa sampai ke tempat wisata tersebut. Sebab akses yang harus dilewati tergolong ekstrem karena harus melewati beberapa anak sungai dan medan yang rusak.

Olehnya itu, kendaraan yang digunakan tak boleh asal yakni kelas “offroad” roda empat. Itupun hanya bisa di pertengahan jalan, sebab untuk benar-benar sampai di Likuwalanapo, harus menggunakan roda dua lantaran harus melewati medan sempit.

Beberapa Bulan Lalu, rombongan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim), melakukan perjalanan ke kecamatan paling ujung yakni Ueesi.

Ketgam : Plt Bupati Koltim Abdul Azis dan keluarga waktu berkunjung di permandian Air terjuan Tali Sewu

Rombongan ini dipimpin langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Koltim, Abdul Azis, SH., MH. Turut hadir beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), asisten, dan staf ahli. Mereka disambut oleh para kepala desa se-Kecamatan Ueesi, serta masyarakat umum di Kelurahan Ueesi.

Dalam perjalanan ini, rombongan menyempatkan diri mengunjungi destinasi wisata air terjun Tali Sewu yang terletak di Desa Likuwalanapo.

Mereka dibuat takjub dengan keindahan alam Tali Sewu. Air terjun ini melewati ribuan undakan dengan jarak puluhan kilometer. Sesuatu yang tentu belum pernah ada di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bahkan mungkin Indonesia.

Cukup lama waktu yang dihabiskan Abdul Azis di tempat wisata indah ini. Betah dengan suasana asri, sejuk, seakan membayar lelahnya perjalanan menuju Tali Sewu.

Abdul Azis kepada awak media, saat diwawancarai di Tirawuta, usai melakukan perjalanan, mengungkapkan bahwa Tali Sewu merupakan tempat indah yang layak direkomendasikan kepada khalayak umum sebagai destinasi unggulan.

Katanya Azis, ada danau yang airnya masuk kedalam goa dan muncul menjadi air terjun. Ia tidak segan menyebut Tali Sewu sebagai surga tersembunyi di Koltim.

Sementara Itu, Kepala Dinas Pariwisata Koltim, Sulwan Sovian, S.Pd, M.Pd, saat diwawancara oleh media Rakyatpostonline.com, di Aula Pemda, Selasa (21/3/2023), mengungkapkan bahwa Tali Sewu merupakan surga tersembunyi di Koltim.

“Tali Sewu layak menjadi salah satu tujuan bagi wisatawan, baik lokal, nasional, hingga internasional,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk melakukan pengembangan pariwisata di Kabupaten Koltim, termasuk Tali Sewu, butuh kerja keras dan perjuangan yang berat, sebab ada hal-hal lain yang harus diperhatikan seperti aspek kehutanan, hingga akses transportasi.

Sulwan pun mengajak kepada semua pihak untuk bekerja sama, demi majunya bidang pariwisata di Kabupaten Koltim, termasuk Tali Sewu.

Ke depannya kata Sulwan,bila wisata Tali sewu sudah terkelola dgn bagus bisa saja kita mengundang berbagai pihak atau investor serta artis-artis ibukota untuk datang menyaksikan keindahan alam di sana sekaligus menanam saham untuk pengelolaan obyek wisata d kolaka timur khususnya

Kemudian dari sisi perencanaan, Dinas Pariwisata bakal membangun hubungan dengan pihak terkait, dibuat desain atas persetujuan dengan hingga ke pemerintah pusat, sehingga Tali Sewu dapat dikelola dengan baik.

Ia berharap, masyarakat di Kecamatan Ueesi, khususnya di Likuwalanapo, dapat terus bersinergi dengan pemerintah, dalam rangka memperkenalkan wisata Tali Sewu kepada para pengunjung.

“Kita berupaya masukkan Tali Sewu ini dalam Anugerah Pesona Indonesia tahun ini. Semoga menjadi salah satu nominasi surga tersembunyi, hingga dikenal ke manca negara,” tutup Sulwan Sovian.


Laporan : Asrianto D

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *