117 Kades di Koltim Segera Jalani Bimtek di Jakarta

Ketgam : Kabid Pemdes DPMD Koltim Kusram Maroli Rabu (8/03/2023)

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Sebanyak 117 kepala desa (Kades) di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), bakal mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) oleh pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Kota Jakarta, mulai tanggal 15-19 Maret 2023.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Kusram Maroli, saat diwawancarai awak media, Rabu (8/3/2023).

Kusram merinci bahwa dari 117 Kades, 83 diantaranya merupakan pemimpin baru dilantik, sementara 34 sisanya belum melakukan Pilkades, namun juga diikutsertakan.

Adapun dana yang dipakai dalam Bimtek ini, bersumber dari APBD Kabupaten Koltim tahun 2023, dengan besaran Rp415.000.000. Ini merupakan biaya kontribusi yang disampaikan ke pihak lembaga penyelenggara kegiatan.

“Diperuntukkan biaya hotel dan biaya pemateri. Selain itu ada tambahan dari APBDes masing-masing senilai Rp5.000.000,” bebernya.

Bimtek ini bertujuan meningkatkan kapasitas bagi Kades, dengan asumsi wawasan dan pengetahuannya meningkat, sehingga dalam menjalankan roda pemerintahan, senantiasa mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Ini bersifat wajib karena mereka akan diberikan bimbingan tentang tata kelola pemerintahan desa, keuangan desa, serta kebijakan dalam pengelolaan aset desa,” ujarnya.

Materi bimbingan yang bakal diberikan tersebut kata Kusram, merupakan ilmu paling penting dalam menjalankan pemerintahan di desa masing-masing, apalagi terkait aset pasca Pilkades, perlu adanya penertiban.

Kusram berharap, ilmu yang didapatkan para Kades dari Kemendagri, serta lembaga atau instansi terkait, dapat diaplikasikan dalam penyelenggaraan pemerintahan di masing-masing desanya.

“Ketika mereka mampu mengimplementasikan itu, maka desa di Koltim akan terhindar dari proses hukum, karena telah menjalankan roda pemerintahan sesuai ketentuan perundang-undangan dan petunjuk teknis yang ada,” tutup Kusram Maroli.


Laporan : Asrianto

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *