Musrenbang di Tirawuta, Abdul Azis Tekan OPD hingga Kades dan Lurah Beri Pelayanan Terbaik

0
201

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Seluruh rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, diakhiri di Tirawuta, Kamis (23/2/2023).

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Koltim, Abdul Azis memimpin jalannya Musrenbang di Tirawuta dengan aman dan lancar. Seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga hadir dalam kegiatan ini.

Selain Abdul Azis, hadir dalam Musrenbang ini, Ketua TP-PKK Koltim, Hartini Azis, Ketua DPRD, Suhaemi Nasir bersama legislator lainnya, Kepala Bappeda, Mustakim Darwis, Pimpinan OPD, asisten, staf ahli, Camat Tirawuta, Kades, lurah, serta masyarakat Tirawuta.

Abdul Azis dalam sambutannya mengungkapkan, Musrenbang ini mengangkat tema “Pembangunan Berkelanjutan serta Optimalisasi Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat”.

“Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,” katanya.

Berdasarkan regulasi itu, mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek politis, demokratis dan aspiratif. Ini merupakan rangkaian proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Sebagai proses yang dilakukan rutin setiap tahunnya, kegiatan ini lagi-lagi diharapkan dapat menjaring aspirasi sesuai kebutuhan masyarakat.

Olehnya itu, Azis sapaan akrab Plt Bupati Koltim, mengharapkan kepada seluruh pelaku pembangunan untuk memberikan sumbangan pemikiran, sehingga melalui Musrenbang ini dapat mengakomodir kepentingan masyarakat.

“Aspirasi itu kemudian akan disinkronkan dengan program prioritas pemerintah daerah melalui masing-masing OPD,” ujarnya.

Abdul Azis mengakui masih terdapat permasalahan di lapangan, terutama dalam hal pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat, olehnya itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim meluncurkan program Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (Gemas)

Program Gemas menurut Abdul Azis, merupakan terobosan pembangunan terintegrasi untuk mewujudkan visi dan misi Pemkab Koltim 2021-2026 yaitu Sejahtera Bersama Masyarakat Kolaka Timur yang Agamis, Maju Mandiri, dan Berkeadilan (SBM AMAN).

Adapun prioritas pembangunan Pemkab Koltim sebagai berikut:
1. Pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan;
2. Percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan pelestarian lingkungan hidup;
3. Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata dan UMKM;
4. Tata kelola pemerintahan yang baik.

Dalam Musrenbang ini, Abdul Azis mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya menertibkan data kependudukan, olehnya itu ia mengimbau kepada para kepala desa, lurah, dan camat agar menyampaikan kepada warganya terkait hal ini.

“Saya juga tekankan adanya penertiban batas wilayah antara masing-masing desa dan kelurahan,” ujarnya.

Ia juga menekankan kepada masing-masing OPD untuk mencocokkan data dengan fakta di lapangan, seperti kisaran jumlah petani dana lahan pertanian, data warga miskin, dan lain sebagainya.

Abdul Azis berharap, seluruh komponen masyarakat dapat bersatu, karena dengan adanya dukungan tersebut, rencana pembangunan akan diwujudkan.

“Kita setarakan semua perbedaan yang ada. Kita satukan untuk pembangunan Koltim,” tutup Abdul Azis.


Laporan : Asrianto D

Editor : Wal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here