Musrenbang di Asera dan Andowia, Wabup Konut Sampaikan Progres Pembangunan Ibu Kota

Wanggudu, Rakyatpostonline.Com – Tiba giliran Kecamatan Andowia dan Asera yang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), pada Kamis (16/2/2023).

Musrenbang di Kecamatan Asera dilaksanakan Pukul 10.00 Wita, sementara di Andowia Pukul 14.00 Wita. Kegiatan ini dihadiri langsung Wakil Bupati (Wabup) Konut, Abu Haera, Ketua DPRD, Ikbar, bersama beberapa legislator lainnya, Kepala OPD, unsur Forkopimda, Kapolsek, Camat, kepala Puskesmas, Pimpinan SD, serta kepala desa bersama jajarannya.

Wabup Konut dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan menghimpun dan mengakomodir usulan-usulan masyarakat dalam pembangunan di wilayahnya. Ia berharap, melalui Musrenbang ini, permasalahan bisa dipetakan untuk selanjutnya ditangani.

“Musrenbang ini kita fokuskan untuk masyarakat menyampaikan permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan, terutama di lingkungan permukiman, apalagi hari ini Musrenbang kita gelar di dua kecamatan, tentunya berada di pusat ibu kota Kabupaten Konut,” ujarnya.

Kecamatan Asera dan Andowia menjadi wilayah pusat kota dengan karakter kawasan perdagangan, perkantoran, pemukiman, serta sebagai daerah perlintasan.

Abu Haera kemudian mengungkapkan, tahun 2023 pembangunan Ibu kota sementara dilaksanakan, baik dari sisi infrastruktur maupun sarana prasarana.

Dirinci, trotoar sedang dalam proses pengerjaan, kemudian lampu jalan ditarget bisa menerangi ibu kota Konut sebelum bulan Ramadan tiba. Lalu drainase dan pengaspalan akan segera dituntaskan tahun ini.

“Ini merupakan bagian dari komitmen bapak bupati dalam memajukan Ibu Kota Konut. Jadi saya harap jangan ada lagi yang mengatakan bahwa bapak bupati tidak peduli terhadap perkembangan ibu kota,” katanya.

Mantan Sekda Konut ini, juga menyampaikan kepada para kepala desa agar mampu menyelaraskan program-program yang ada di pemerintah daerah dan pemerintah pusat agar tepat sasaran.

Seperti pembangunan rumah layak huni untuk masyarakat miskin, jika ada enam unit yang harus disediakan untuk masyarakat, maka pemerintah desa dapat menganggarkan dua unit dari DD, dua unit lagi diusulkan ke Pemkab Konut, sisanya bisa dianggarkan tahun depan.

Wabup Konut juga menyentil rencana peresmian pasar di Kelurahan Asera oleh Bupati Konut, Ruksamin. Menurutnya, ini merupakan bukti kepedulian dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, keberadaan pasar tradisional merupakan penunjang kegiatan ekonomi yang dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Saya mengajak kepada seluruh kepala desa di Kecamatan Asera untuk hadir dalam meramaikan pelaksanaan peresmian Pasar di Kelurahan Asera,” tutupnya.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *