Perayaan HUT Ke-10 Koltim, Warga Berharap Pemerintah Terus Tingkatkan Ekonomi Daerah

0
12

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Perayaan hari jadi ke-10 Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), diselenggarakan di wilayah paling ujung Kecamatan Lambandia, tepatnya di Desa Penanggo.

Usai pelaksanaan Upacara Hari Jadi Ke-10 Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), dilanjutkan dengan pawai Karnaval Budaya di Lapangan Sangia Nibandera, Kelurahan Penanggo, Rabu (11/1/2023).

Pawai Karnaval Budaya yang dimulai pada pukul 14.00 Wita ini, diikuti sebanyak 47 peserta dari 12 kecamatan. Hadir pula seluruh Anggota DPRD Koltim, Forkopimda, serta satuan OPD.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Koltim, Abdul Azis, S.H., MH, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si.

Rute pawai karnaval dimulai dari Kelurahan Penanggo dan finis di Panggung Kehormatan Lapangan Sangia Nibandera. Jarak tempuh pawai ini sekira 1,5 kilometer.

Para peserta berjalan dengan menampilkan busana adat dari berbagai asal daerahnya masing-masing. Sorak serta tepuk tangan terdengar begitu meriah dari ribuan orang. Masyarakat Kabupaten Koltim sangat antusias dan sedih melihat langsung keunikan dan kreativitas peserta Karnaval Budaya ini.

Pengamatan awak media Rakyatpostonline, sepanjang jalan rute pawai ini, tidak sedikit warga Kecamatan Lambandia memanfaatkan momentum ini dengan berdagang makanan, minuman dingin, es buah hingga camilan lainnya, sehingga perputaran ekonomi makin meningkat.

Salah satu warga kepada awak media mengucapkan terima kasih kepada Plt Bupati Koltim, Abdul Asiz yang telah memfokuskan perayaan di Kecamatan Lambandia, sekaligus memperkenalkan kampung ini ke khalayak umum.

Dirinya sangat antusias dengan adanya perayaan hari jadi ke-10 Koltim ini. Diharapkan, kedepannya pemerintah daerah bisa lebih meningkatkan perekonomian masyarakat yang dianggap masih kurang.

“Semoga tahun depan bapak bupati mengingat saudara saya di Kecamatan Uesi, ujung daerah agar diselenggarakan hari jadi kabupaten ke 11 yang akan datang,” tutupnya.


Laporan : Asrianto D

Editor : Wal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here