Distanak Konut Gelar Penyuluhan bagi Kelompok Tani di Kecamatan Asera


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Konawe Utara (Konut), menggelar penyuluhan bagi kelompok tani di Kecamatan Asera, sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) daerah.

Kegiatan ini dipimpin oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) Tanaman Pangan dan Peternakan, Aswadi, S.Sos, M.M. Turut hadir, Camat Asera, Aswar, S.H.,M.H, Kabid Tanaman Pangan, serta penyuluh pertanian. Kegiatan berlangsung di aula Kantor Pertanian Kecamatan Asera, Rabu (16/11/2022).

Sekdis dalam sambutannya mengatakan bahwa penyuluhan pertanian ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

Dalam regulasi tersebut, mengamanatkan bahwa penyelenggaraan penyuluhan menjadi wewenang tanggung jawab pemerintah daerah yang diwujudkan antara lain dengan memantapkan sistem penyelenggaraan penyuluhan pertanian, meliputi aspek penataan kelembagaan, ketenagaan, penyuluhan, prasarana dan sarana, serta pembiayaan.

Adapun program penyuluhan pertanian tingkat kecamatan merupakan rencana kegiatan yang menampung aspirasi dan usulan petani dan masyarakat pertanian, dengan potensi wilayah dan program pembangunan pertanian.

Pembangunan bidang pertanian tersebut menggambarkan keadaan, tujuan yang ingin dicapai, masalah yang terjadi di lapangan, alternatif pemecahannya, serta cara mencapai tujuan disusun secara partisipatif, sistematis dan tertulis setiap tahun.

Salah satu upaya meningkatkan SDM bidang pertanian, kata Aswadi adalah melalui penyuluhan, perubahan pola pikir, perilaku dan sikap petani, dari petani tradisional menjadi modern yang berwawasan agribisnis.

Hal tersebut hanya bisa dicapai melalui pelatihan, kursus temu lapangan, studi penyuluh, serta pembelajaran yang berkelanjutan, dilaksanakan dengan pendekatan belajar sambil berusaha.

Aswadi juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya penyuluhan ini. Ia berharap, kegiatan ini menjadi momen positif untuk memantapkan sistem penyelenggaraan penyuluhan pertanian, meliputi aspek penataan kelembagaan, ketenangan, penyelenggaraan penyuluhan, sarana dan prasarana, serta pembiayaan penyuluhan.

Pembiayaan penyuluhan ini, menitikberatkan pada pengembangan manajerial, kepemimpinan, dan kewirausahaan pelaku utama dan pelaku usaha sektor pertanian,” katanya.

Aswadi menekankan agar pertemuan ini diikuti dengan serius oleh seluruh kelompok tani. Ia juga menyampaikan agar peserta mampu memetakan permasalahan dan simpulkan solusinya.

Distanak kata Aswadi, memastikan agar program kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat senantiasa berjalan, sehingga menuju daerah yang kuat, sejahtera dan berdaya saing.

“Semoga kita semua selalu mendapat bimbingan dan petunjuk, serta rida Allah SWT, sehingga mampu mengemban amanah sebagai insan manusia yang senantiasa mendapat keselamatan di dunia dan akhirat,” tutup Sekdis Tanaman Pangan dan Peternakan Konut.


Editor : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *