Proyeksi APBD Konut Tahun 2023 Capai 1,5 Triliun


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Marthen Minggu memproyeksikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 mendatang diangka Rp1,5 triliun.

Diterangkan Marthen Minggu, APBD Konut tahun 2022 ini berada dikisaran Rp900 miliar lebih. Namun, untuk di tahun 2023 mendatang APBD mengalami kenaikan.

“Tapi itu kita masih menghitung ya. Kita proyeksi APBD 2023 nanti sekitar Rp1,5 Triliun. Angka itu diluar dana pinjaman yang Rp200 miliar,” kata Marthen Minggu, Selasa (18/10/2022).

Masih kata Marthen Minggu, angka Rp1,5 triliun itu bersumber dari transferan berupa DAU, DAK fisik, PAD, DBH pusat dan DBH Provinsi, sehingga diakumulasi secara keseluruhan berada dinilai tersebut.

Lanjut Marthen, janji Bupati Ruksamin untuk menaikan Alokasi Dana Desa (ADD) bukanlah isapan jempol semata, dari Rp300 juta akan naik menjadi Rp500 sampai Rp600 juta.

“Naiknya kira-kira 70 sampai 80 persen. Kalau ADD praktis honor kepala desa dan aparat otomatis naik,” terangnya.

Dengan adanya proyeksi besar anggaran ini, sesuai arahan Bupati Konut, Marthen mengimbau kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bekerja maksimal.

Naiknya anggaran ini, maka tiap-tiap OPD wajib menuntaskan program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, dengan berpatokan pada manajemen anggaran yang baik.

“Tahun 2023 harus tuntas dan penggunaan anggarannya harus transparan demi kebaikan masyarakat. Ini sesuai arahan bapak Bupati Ruksamin,” tutup Marthen.


Editor : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *