Buka Konferwil ke-5 PWNU Sultra, Ali Mazi: Nahdatul Ulama Berkontribusi Bangun Daerah


Kendari, Rakyatpostonline.com – Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) ke-V Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang digelar di Hotel Azizah, Kendari. Kamis (6 Oktober 2022) malam.

Acara konferensi ke-5 ini mengusung tema menuju I abad Nahdatul Ulama “Membangun Akselarasi Moderasi Dalam Memperkuat Toleransi di Sulawesi Tenggara”.

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi hadir membuka acara tersebut. Hadir dalam acara ini antara lain Sekretaris Jendral PB NU KH. Amin Said Husni, Ketua DPRD Prov.Sultra Aburrahman Saleh, perwakilan unsur Forkopimda, para pejabat di lingkup Pemprov Sultra, dan pimpinan lembaga vertikal baik sipil, maupun TNI/Polri. Tampak hadir juga Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Ketua Majelis Ulama Indonesia Prov. Sultra KH. Mursidin, pimpinanan lembaga keagamaan dan Ormas Islam se-Sultra, dan peserta Konferwil NU Sultra.

Diawali sambutan laporan ketua panitia, menyatakan bahwa Kegiatan konferensi ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari kedepan. Adapun rangkaian dari kegiatan konferensi wilayah ini, diawali dengan pra konferensi wilayah berupa pelaksanaan yang menghadirkan beberapa tokoh nasional sebagai narasumber yang hadir melalui webinar.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan Konferensi Wilayah ke-5 NU sebagai salah satu indikasi nyata dinamika suatu organisasi.

“Saya berharap dari kegiatan ini dapat membawa kepengurusan wilayah NU di Sultra untuk semakin mengembangkan perannya sebagai bagian dari komponen dan elemen masyarakat dalam mengisi dan mewarnai pembangunan daerah Sulawesi Tenggara,” harap Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur mengharapkan pengurus NU mampu merefleksikan dalam penguatan kelembagaan dari langkah-langkah yang strategi, diantaranya: pertama, memperkuat implementasi visi dan misi program kerja dan kebijakan organisasi. Kedua, memperkuat solidaritas intern organisasidan menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai pihak.

Ketiga, sinegritas program dan kiprah organisasi NU dengan visi dan misi serta arah kebijakan Pemprov Sultra sebagai wujud kontribusi terhadap pembangunan di daerah. Keempat, meningkatkan kualitas sumber daya insani, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan dan keagamaan serta kelestarian lingkungan.

“Saya yakin dengan kematangan pengalaman dan kualitas sumber daya yang dimiliki oleh Nahdatul Ulama, keluarga besar Nahdhiyyin dimanapun berada, termaksud di Sultra akan mampu mengembang misi dan perannya dengan baik,” jelas Gubernur.

Dipenghujung, Gubernur Sultra Ali Mazi secara resmi membuka Konferensi Wilayah (Konferwil) ke- 5 Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022.

Selanjutkan penganugrahan NU SULAWESI TENGGARA AWARDS kategori TOKOH diberikan kepada KH. Hamzah Mappa. Kategori PENGURUS CABANG NAHDATUL ULAMA (PCNU) /badan otonom (banom) diberikan kepada PCNu Kab. Konawe, PCNU Kab. Konawe Selatan, PCNU Kab. Kolaka, PW GP. Anshor dan kategori LEMBAGA PESANTREN diberikan kepada pondok pesantren Minhajuttullab. (**)


Editor : Muhammad Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *