Rakorda Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi BPS Sultra Resmi Dibuka


KENDARI, Rakyatpostonline.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) BPS Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022, di Hotel Claro, Kendari. Selasa (13/09/2022).

Rakorda tersebut mengusung tema “mencatat untuk membangun negeri satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.”

Rakorda ini bertujuan untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profit, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Hadir pada acara rakorda ini antara lain Kepala BPS RI, diwakili oleh kepala Biro Perencanaan BPS RI, M. Nashrul Wajdi, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara Abdurrahman Saleh, unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Tenggara, Pj. Sekretaris Daerah Prov.Sultra Asrun Lio, Kepala BPS Provinsi Sultra dan jajarannya, para pejabat pimpinan tinggi pratama lingkup Pemprov Sultra, pimpinan lembaga vertikal baik sipil, maupun TNI/Polri.

Pelaksanaan rakorda ini berlangsung selama satu hari pada tanggal 13 September 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 162 orang.
Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini diantaranya M. Nashrul Wajdi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Sultra M.Ridwan Badallah, dan Kabid Perencana Makro Bappeda Prov. Sultra Hasrullah.

Ali Mazi menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya rakorda registrasi sosial ekonomi (Regsosek) yang diselenggarakan oleh BPS Provinsi Sultra, karena merupakan bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial yang dirancang oleh pemerintah pusat sejak tahun 2020 untuk perbaikan pelaksanaan perlindungan sosial di tanah air.

Selain itu, data Regsosek membuka peluang pemanfaatan yang lebih luas, tidak hanya program perlindungan sosial saja. tetapi juga akan mendukung program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, peningkatan inklusi keuangan, dan program lain untuk mendorong potensi pembangunan di pusat dan daerah.

“Kami di Pemerintahan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara selalu siap mendukung kegiatan pendataan yang dilaksanakan BPS di lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Gubernur.

Lanjut dikatakan, “Saya pun mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh kalangan masyarakat dan aparat di Provinsi Sultra, untuk dapat menyukseskan program-program yang dilaksanakan oleh BPS, baik Regsosek, implementasi satu data Indonesia, maupun pelaksanaan survei dan sensus lainnya, karena manfaat yang akan diperoleh tentunya akan kembali kepada masyarakat Sultra sendiri,” harap Gubernur.

Dipenghujung sambutannya, Gubernur secara langsung membuka rapat koordinasi daerah (rakorda) pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) BPS Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022. (**)


Laporan : Irmayanti Daud

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.