PT TMS Realisasi Penyediaan Air Bersih Masyarakat Desa Balo, Bombana


Bombana, Rakyatpostonline.com – PT Tonia Mitra Sejahtera (TMS) Perusahaan Pertambangan Biji Nikel yang beroperasi di Kecamatan Kabaena Tengah dan Kabaena Timur, Kabupaten Bombana, saat ini telah melakukan perbaikan sarana air bersih warga sebagai tindak lanjut laporan masyarakat atas dugaan pencemaran mata air akibat aktivitas pertambangan.

Kepala Teknik Tambang (KTT) PT TMS, Maulana Budi Purnomo, ST, mengatakan, pihaknya telah merespon apa yang menjadi keluhan masyarakat Desa Balo, Kecamatan Kabaena Timur, setelah mendengar adanya dugaan pencemaran sumber air bersih masyarakat. Perusahaan langsung menurunkan Tim dan alat berat untuk melakukan perbaikan.

“Kejadian itu terjadi pada tanggal (03/09/2022) malam, keruhnya air bersih masyarakat. Merespon hal itu, PT DMS langsung melakukan penanganan dan penanggulangan dimulai pada tanggal (04/09/2022) sore, sampai saat ini. Insya Allah dalam waktu minggu ini, air bersih sudah mengalir ke rumah penduduk Desa Balo,” Ungkap Maulana Budi Purnomo, Rabu (14/09/2022).

Kata dia, perbaikan itu dilakukan secara teknis maupun manajerial dari pihak perusahaan. Sebab, kehadiran perusahaan tambang nikel PT Tonia Mitra Sejahtera di Kecamatan Kabaena Tengah dan Timur mempunyai tujuan baik untuk kemanfaatan umum dan melihat hajat hidup orang banyak.

“Kepentingan masyarakat soal penyediaan air bersih menjadi faktor utama perhatian perusahaan PT TMS. Sebelum melakukan aktivitas pertambangan biji nikel di pulau kabaena, pihak kami melihat kondisi air yang ada di desa balo tidak jauh berbeda, ketika musim penghujan tiba, air tersebut mengalami kekeruhan, sehingga perusahaan mengupayakan sumber mata air alternatif,” Jelasnya.

Saat ini, tindakan perusahaan PT Tonia Mitra Sejahtera dan disaksikan pengecekan langsung Tim DLH Bombana, melakukan penggalian sumur alternatif sumber mata air yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Desa Balo, sumber mata air dialirkan kepenampungan dan teraliri kerumah masing-masing masyarakat tanpa ada pungutan biaya sepeserpun.

“Proses penggalian sumur alternatif tersebut secara keseluruhan dilakukan oleh pihak PT Tonia Mitra Sejahtera dengan melibatkan masyarakat Desa Balo yang diawasi oleh Pemerintah Desa Balo. Proses pengerjaan dan sarana perpipaan secara keseluruhan
dibiayai oleh PT Tonia Mitra Sejahtera,” Ucap Maulana Budi Purnomo.

Untuk mengalirkan air, Lanjut Maulana Budi Purnomo, dari sumber mata air ke bak penampungan menggunakan pipa 2″ sebanyak 254 batang, sedangkan penampungan menggunakan tandon air kapasitas 5500 liter, sebanyak 3 unit.

“Semua bahan material kebutuhan air bersih sudah terealisasi, diestimasikan mencapai 75 persen hasil pekerjaan, sementara ini masih proses pekerjaan, mulai dari penggalian dan pemasangan instalasi pipa menghampiri perampungan secara keseluruhan pada pekerjaan pembuatan sumur alternatif untuk masyarakat desa balo,” Paparnya.

Management PT Tonia Mitra Sejahtera Berharap agar kehadiran perusahaan di pulau kabaena memberikan rasa aman dan nyaman serta berkontribusi untuk masyarakat lingkar tambang. (**)


Laporan : Muhammad Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.