Anggaran Pembebasan Lahan Huntap Korban Banjir Konut Capai 4,7 Miliar

Ketgam : Ketua DPRD Konawe Utara, IKBAR,SH.,MH


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Setelah melalui proses panjang di tingkat pusat, hunian tetap (Huntap) yang menjadi kebutuhan bagi sebagian korban banjir, di Kabupaten Konawe Utara (Konut), akhirnya menemui titik terang.

Hal ini dipastikan langsung oleh Ketua DPRD Konut, Ikbar, SH, yang mengungkapkan bahwa anggaran untuk pembebasan lahan Huntap sudah ada dengan total senilai Rp4,7 miliar.

“Anggarannya untuk lahan masyarakat tempat akan didirikan Huntap bagi korban banjir 2019 lalu,” kata Ikbar saat ditemui awak media, Jumat (9/9/2022).

Realisasi anggaran dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2022, merujuk pada luasan lahan sesuai kajian dari tim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut.

Politisi dari Partai Bulan Bintang (PBB) ini mengatakan, lokasi pembebasan lahan Huntap, antara lain berada di Desa Puusuli, Puuwonua, Puuwanggudu, Alawanggudu, Wanggudu Raya, Tapuwatu, Walalindu, Walasallo, Kelurahan Asera, Longeo. Kemudian ada yang berada di Kecamatan Oheo, Langgikima, Landawe, dan Wiwirano.

Pria bergelar magister hukum ini menyampaikan, DPRD bersama Pemkab Konut bakal bekerja keras hingga Huntap benar-benar selesai, agar korban banjir punya kediaman yang lebih layak.

“Insyaallah kami terus berupaya bersama pemerintah agar tahun ini clear semua untuk pembebasan lahannya, semua butuh proses dan kesabaran,” ujarnya.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.