Program PPKP di Desa Lahimbua Sukses, Panen Perdana Digelar


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Salah satu inovasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) yaitu Program Pemanfaatan Kebun Pekarangan (PPKP), mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Program ini telah banyak menuai hasil di berbagai titik. Terbaru di Desa Lahimbua, Kecamatan Andowia, digelar panen perdana hasil kebun pekarangan pada Senin (29/8/2022).

Turut hadir dalam panen ini, Bupati Konut, Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN.Eng, Direksi Bagian Keuangan dan Manajemen Perumda, Kadis dan Sekertaris BPMD, Camat Andowia, Pj Kepala Desa (Kades) Lahimbua, beserta mahasiswa KKN dari Universitas Haluoleo (UHO).

Berbagai macam jenis tanaman sayur-mayur dihasilkan dari kebun pekarangan ini, diantaranya kangkung, bayam, tomat dan cabe. Hasil panen ini kemudian langsung dibeli oleh pihak Perumda.

Ruksamin mengatakan bahwa PPKP ini sudah dicanangkan dan berjalan di tiap-tiap desa yang ada di Kabupaten Konut. Sebagai bentuk evaluasi dan tindak lanjut, Bupati Konut juga memerintahkan agar pengeluaran dan pemasukan terkait PPKP ini dikalkulasi agar terbentuk manajemen yang baik.


Tidak hanya melakukan panen hasil kebun pekarangan, Bupati Konawe Utara langsung melanjutkan kegiatan dengan menanam bibit tomat di lahan kebun pekarangan Desa Lahimbua.

“Saya berharap, semoga program ini dapat mensejahterakan masyarakat Konawe Utara,” tutup orang nomor satu di Konut itu.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *