Pastikan Layanan Kelautan Berjalan Lancar, Menhub RI Kunker ke Molawe


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Dr. (HC) Ir. Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja (Kunker) di wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sabtu (20/8/2022).

Menhub dalam Kunker kali ini, didampingi Direktur Jenderal Pelabuhan Laut, Ir. Arif Toha Tjajagama, DEA, serta Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, SH.

Rombongan ini disambut langsung Bupati Konut, Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si.,IPU., ASEAN.Eng, bersama Wakil Bupati Konut, H. Abuhaera, S.Sos.M.Si, Forkopimda, Sekda, serta kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konut.

Ir. Budi Karya Sumadi dalam Kunker kali ini, meninjau Pelabuhan Kelas III Molawe, serta beberapa jeti yang digunakan untuk mengangkut berbagai jenis material, termasuk ore nikel.

Kunjungan ini juga kata menteri, dilakukan untuk terus mengintensifkan upaya penertiban penggunaan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) dan Terminal Khusus (Tersus).

Melalui upaya ini, ditargetkan dapat meningkatkan jumlah Badan Usaha Pelabuhan (BUP) di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kabupaten Konut.

Diungkapkan, di Sulawesi ini ada banyak pelabuhan, TUKS, dan Tersus, baik itu yang dikelola BUMN, Pemda, maupun swasta. Tentunya semua harus dikelola dengan baik didasarkan pada Good Corporate Governance (GCG), agar tidak ada lagi pelabuhan tikus atau dokumen terbang/palsu.

Menhub Budi mengatakan Kunker ini juga dilakukan demi memastikan pelayanan di bidang kelautan tetap berjalan dengan baik di wilayah Kabupaten Konut.

Selain pelayanan kelautan di Konut, Menhub Budi juga menyampaikan, pihaknya akan membangun dermaga di Pulau Wisata Labengki sehingga wisatawan bisa berkunjung dengan baik di pulau tersebut.

“Kita akan membangun sebuah dermaga yang berfungsi juga sebagai penahan ombak.” ungkapnya.

Terkait peninjauan jeti, Menhub Budi meminta pada perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Konut untuk tetap menjaga lingkungan.

“Saya mohon kepada Bupati Konut, tolong diimbau kepada perusahaan tambang untuk memperhatikan lingkungan,” Pintanya.

Sementara itu, Ruksamin dalam sambutannya, memaparkan terkait kondisi di bidang perhubungan laut Wilayah Konut, hingga data umum Pelabuhan Molawe, serra fasilitas bangunan Kantor Unit Penyelanggara Pelabuhan Molawe.

Ruksamin juga menyampaikan inovasi untuk lebih memajukan pelayanan di bidang perhubungan dengan mengusulkan agar Pemerintah Pusat dapat mengadakan bus laut antar pulau, sehingga wilayah kepulauan yang ada di Konut dapat terkoneksi dengan baik.

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas kedatangan Menhub bersama rombongan, serta arahan pembangunan yang disampaikan pihak Kementerian Perhubungan.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi hari ini kepada bapak menteri yang telah meluangkan waktu melihat secara langsung wilayah Konut. Ini adalah bentuk perhatian dari pemerintah pusat,” kata Bupati.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.