DPK-IKAPTK Konut-Konkep Periode 2022-2027 Dikukuhkan


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Sultra Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK), Asmawa Tosepu, AP., M.Si, resmi melantik dan mengukuhkan Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) IKAPTK Konawe Utara-Konawe Kepulauan.

Pengukuhan dihadiri oleh Dewan Pengurus Nasional (DPN-IKAPTK), Bupati Konut, Ruksamin, Bupati Konkep, Amrullah, serta 5 Ketua DPK, di Aula Hotel Plaza Kubra Kendari, Jumat (19/8/2022).

Pada acara tersebut, Ruksamin mendapat penganugerahan tanda kehormatan PIN Astha Brata selaku Ketua Dewan Penasehat DPK-IKAPTK. Selain itu, Amrullah juga mendapat penghargaan yang sama selaku Wakil Ketua Dewan Penasehat.

Sementara itu, La Ode Muh. Amanuddin, S.STP., M.A.P dan Yasir Buburanda Djafar, S.STP dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPK-IKAPTK Konut-Konkep.

Asmawa Tosepu yang kini menjabat sebagai Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan pemerintahan yang diamanatkan UUD 1945 sejak awal kemerdekaan, mensyaratkan tersedianya tenaga-tenaga penyelenggara pemerintahan.

Tenaga penyelenggara tersebut, seyogyanya tersedia baik di tingkat pusat maupun di daerah, dengan memperhatikan sisi kwantitas maupun kwalitas, sehingga tenaga pamong praja sebagai garda terdepan untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan semakin meningkat.

“Ini secara simultan menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk menyiapkan kader-kader pemerintahan yang memiliki kapasitas dan kompetensi di bidangnya,” terang Asmawa Tosepu.

Ruksamin dan Amrullah, kompak mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan berupa tanda kehormatan selaku Ketua dan Wakil Ketua Dewan Penasehat DPK-IKAPTK Konut-Konkep.

“Tanda kehormatan yang diberikan kepada kami adalah tugas tambahan dan tanggung jawab dalam membina dan memberdayakan Abdi Negara dalam menjalankan pemerintahan,” ujar Ruksamin.

IKAPTK ini menjadi lingkungan komunikasi kekeluargaan yang dapat digunakan dalam pemerintahan, membantu kinerja pemerintah dan menyelesaikan masalah-masalah atau tantangan yang dihadapi pada masa sekarang.

Diungkapkan Ruksamin, para alumni/lulusan IPDN (Purna Praja) di Sultra, berjumlah 791 orang yang mengabdi di wilayah masing-masing. Mereka senantiasa mencurahkan segala daya dan upaya, tenaga dan pemikiran dalam mengkontribusi akselerasi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Tata kelola tersebut, dilakukan melalui kolaborasi yang tidak hanya sinergis tetapi metode pentahelix dengan berbagai stakeholders, misalnya menyukseskan dalam pencapaian program-program Konasara di Konawe Utara dan Wawonii Bangkit di Konawe Kepulauan,” tutup Ruksamin.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *