Porseni Perayaan HUT Ke-77 RI di Konut, Momentum Bangkit dari Covid-19


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara (Konut), mulai menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni), pada Minggu (14/8/2022).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Konut, H.Ruksamin, didampingi Wakil Bupati (Wabup), H. Abuhaera, serta dihadiri Sekda, Kasim Pagala, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konut, Ikbar, bersama legislator lainnya, para OPD, Polri, TNI, Camat Sawa, Kapolsek Sawa dan jajarannya, Lurah Sawa, Para Kades dan Kepala Sekolah (Kepsek) se-Kecamatan Sawa.

Para pimpinan eksekutif dan legislatif ini turun langsung memimpin upacara pembukaan Porseni di tiap-tiap kecamatan, dan menyambut peserta Kontingen dari berbagai desa, kelurahan, sampai kecamatan.

Bendera petaka klub dari berbagai desa dan kelurahan serta Ormas kepemudaan juga dikibarkan dalam acara tersebut, sebagai bentuk dukungan dalam memperingati hari jadi RI, serta meramaikan pertandingan dan perlombaan yang telah disiapkan oleh panitia pelaksana kegiatan.

Ketua Panitia Kegiatan Porseni HUT Ke -77 RI, Andi Herman,S.Pd,. M.Si, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh utusan seluruh desa, lurah, Ormas kepemudaan , sekolah tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA yang akan berlangsung sejak tanggal 14 Agustus sampai selesai.

Kemudian kata Andi Herman, kegiatan olahraga yang dipertandingkan yaitu sepak bola, bola voli putra dan putri, sepak takraw, bulu tangkis, catur, lari karung, dan gerak jalan indah.

Kemudian untuk kegiatan lomba kesenian yaitu paduan suara, vokal grup, tarian tradisional, busana nasional, lagu solo, dan mombesara. Dalam rangkaian kegiatan ini juga akan dilaksanakan lomba kuliner dan kebersihan.

“Adapun anggaran pelaksanaan kegiatan bersumber dari sumbangan dari Pemerintah Kecamatan Sawa, Desa dan Kelurahan, sekolah, dan pihak yang tidak mengikat,” ucap Andi Herman yang diketahui sebagai Kepala Sekolah SMPN 1 Sawa.

Sementara itu, Bupati Konut dalam sambutannya saat membuka kegiatan, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjunjung tinggi sportivitas dan keutuhan diantara kita semua.

Diungkapkan, momen Porseni ini merupakan kebahagiaan pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat, lantaran selama dua tahun terakhir tidak menggelar perayaan HUT RI, akibat penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat.

“Alhamdulillah, akhirnya di tahun ini, kita bisa merayakan HUT RI dengan meriah yang dirangkum dalam bingkai rasa persaudaraan antar kita,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Ruksamin juga menyampaikan, dirinya sangat bangga dan senang melihat seluruh masyarakat yang begitu semangat dan kompak mengibarkan bendera merah putih.

Ia pun berharap agar pemerintah bersama masyarakat tetap kompak dan bangkit lebih maju, terutama pada bidang ekonomi termasuk melalui berbagai program, seperti pemanfaatan lahan pekarangan.

Adapun tema perayaan HUT RI ini adalah “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Dari tema ini, Ruksamin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mempertahankan imunitas dan kesehatan, serta membangkitkan ekonomi sesuai potensi yang dimiliki.

“Melalui kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana yang telah bekerja keras sehingga acara ini berlangsung meriah. serta saya ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang Ke-77, ayo bangkit bersama membangun Konawe Utara yang sejahtera dan berdaya saing,” ucap Bupati Konut dua periode ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Konut, Ikbar, saat dikonfirmasi, dirinya mengajak kepada masyarakat, agar mengisi perayaan kemerdekaan dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernilai positif.

Ia pun berharap, masyarakat mampu menjaga kekompakan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan, junjung tinggi sportivitas dalam bertanding dan berlomba, kemudian siap selalu mendukung program pemerintah, termasuk dalam memulihkan dan membangkitkan ekonomi kerakyatan.

Acara dirangkaikan dengan penyaluran bantuan sarana prasaran olahraga dalam mendukung kegiatan Porseni kepada beberapa desa, lurah dan Ormas generasi muda di Kecamatan Sawa.

Pembukaan Porseni ini, dimeriahkan dengan atriksi yel-yel dan tarian tradisional dari peserta devile. Kemudian beberapa barisan menyerahkan hasil bumi di daerah mereka kepada Bupati Konut dan rombongan. Tidak hanya itu, hadir pula para pelaku UMKM dari Kecamatan Sawa, sehingga menambah suasana ramai di lokasi kegiatan.

Di akhir kegiatan, Bupati dan rombongan langsung ikut melakukan penilaian lomba kuliner, sekaligus mencicipi masakan peserta ke masing-masing tenda-tenda yang telah di siapkan.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.