Asesment JPTP Pemkab Konut Usai, Pelantikan Digelar Usai Perayaan Kemerdekaan RI 2022

Ketgam: Kasim Pagala Sekda Konawe Utara


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Rangkaian asesmen Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), selesai digelar.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Asesment JPTP, Kasim Pagala yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Konut, kepada awak media, Selasa (9/8/2022), mengatakan bahwa asesment usai dilakukan, dengan mengedepankan asas transparansi.

Dijelaskan, awalnya sebanyak 75 orang peserta asesment melakukan pendaftaran. Tetapi setelah dilakukan seleksi berkas, 5 orang dinyatakan gugur, sehingga hanya tersisa 70 orang saja.

Penyebab gugur berkas, pertama melewati usia yang ditetapkan yakni tidak boleh melebihi 56 tahun pada saat pelantikan. Kedua, adanya sangkut paut hukum, ketiga terkait kepangkatan.

Kemudian 70 orang lulus pendaftaran, menjalani asesment oleh BKN RI Perwakilan Makassar. Setelah itu, dilanjutkan dengan uji kompetensi terkait 9 indikator penting, antara lain terkait integritas dan wawasan kebangsaan.

“Setelah asesment, keluarlah nilai dari seluruh peserta, tapi nilai ini tidak menentukan apakah ini lulus atau tidak lulus, hanya menunjukkan kompetensi dia bahwa si A ini cocok seperti ini,” ujarnya.

Maka dari itu, ditetapkan tiga klasifikasi berdasarkan nilai peserta. Pertama kategori memenuhi syarat (MS), kedua kategori masih memenuhi syarat (MMS), lalu ketiga kurang memenuhi syarat (KMS).

Selang beberapa hari kemudian, diadakan rapat selektif terkait nilai yang digabungkan antara hasil asesmen dan uji kompetensi, komponen penentu oleh tim Pansel, antara lain pembuatan dan pendalaman makalah, serta etika peserta.

“Alhamdulillah dari rapat, Insyaallah satu dua hari kedepan, tim Pansel akan mengeluarkan nama yang lulus tiga besar, kita umumkan seluas-luasnya dan terbuka untuk umum,” terang Kasim Pagala.

Diungkapkan Sekda, sesuai arahan dari Bupati Konut, Ruksamin, pelantikan para pejabat eselon dua ini, bakal dilakukan usai dilaksanakan rangkaian perayaan kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 nanti.

“Semoga tidak ada halangan, langsung kita lakukan pelantikan, semoga semuanya lancar,” tutup Sekda Konut.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.