Ruksamin Lepas Kontingen Kwarcab Konut ke Jambore Nasional


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Bupati Konawe Utara (Konut), H. Ruksamin yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka, melepas kontingen utusan Kwartir Cabang (Kwarcab) Konut, di aula Nguluri, Kantor Bupati Konut, Kamis (4/8/2022).

Pelepasan Rombongan ini, dihadiri Ketua DPRD Konut, Ikbar yang juga sebagai Ketua Kwartir Cabang Konawe Utara, dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemda Konut.

Kontingen Kwarcab Konut ini, berjumlah 65 orang peserta. Mereka berangkat dalam rangka mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke-XI, di Bumi Perkemahan dan Wisata Pramuka (Buperta), Cibubur, Jakarta yang akan dilaksankan hingga 21 Agustus mendatang.

Ruksamin dalam sambutannya, mengatakan bahwa saat ini tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak, termasuk didalamnya peran gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut.

Menurutnya, pembinaan dan pengembangan merupakan hal penting dilakukan, karena generasi muda merupakan pelanjut perjuangan bangsa dan pembangunan nasional.

Sejak dibentuk, Pramuka kata Ruksamin, selama ini telah menjadi salah satu gerakan pemuda yang sangat penting, dalam membangun karakter pemuda, sehingga menjadi insan unggul.

“Pramuka akan membentuk kaum muda dengan sosok yang ideal yakni beriman, bertanggungjawab, amanah, toleran, terampil, mandiri, patriot, peduli terhadap sesama, dan berbudi pekerti luhur,” katanya.

Selanjutnya dirinya mengatakan, Jamnas merupakan cara rekreasi edukatif di dunia kepramukaan dalam bentuk perkemahan luhur, bertujuan untuk membina Pramuka Penggalang.

“Pembinaan dalam jambore ini, menitikberatkan pada aspek pembinaan mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial,” tambah bupati.

Olehnya itu, Ruksamin berharap kepada kontingen Kwarcab, sekembalinya nanti dapat menginspirasi dan memotivasi adik-adik pramuka yang lain, karena rombongan ini adalah duta Kabupaten Konut.

Dirinya juga mengimbau agar yang mengikuti Jamnas dapat menjaga sikap dan perilaku, menanamkan nilai-nilai budi pekerti, senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain, serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen.

“Mudah-mudahan seluruh rangkaian kegiatan jambore dapat diikuti dengan baik, dan Insyaallah kembali pulang dalam keadaan sehat wal’afiat dengan membawa pengalaman baru yang berkesan,” harapnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut, Sekaligus Mabicab Konut, Ruksamin mengucapkan selamat kepada adik-adik yang akan mewakili Kabupaten Konawe Utara dalam kegiatan Jamnas di Cibubu.

“Jagalah nama baik kabupaten kita, di pundak kalian kami titip harapan untuk mengharumkan nama baik Kabupaten Konawe Utara,” tutupnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan atribut pramuka oleh bupati, dan wakil bupati kepada perwakilan peserta Jamnas.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *