Pengurus DPC Apdesi Konut Dikukuhkan, Ruksamin Harap Inovasi Membangun Desa Meningkat

Pelantikan pengurus Apdesi Konut oleh Ketua DPD Apdesi Sultra, H. Tasman, di Aula Konasara, Kamis (04/08/2022). (*Ist)


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Konawe Utara (Konut) periode 2022-2027, dilantik di aula Konasara, Kelurahan Wanggudu, Kamis (4/8/2022).

Pengukuhan Pengurus DPC Apdesi Konut ini, digelar berdasarkan Surat Keputusan DPD- Apdesi Sultra Nomor: 03/DPD- APDESI/2022, dibawah komando ketua DPC Apdesi Konut, H. Tasman dan Sekretaris, Hasbulah.

Hadir dalam kegiatan pelantikan ini, Ketua DPD Apdesi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Tasman, sekaligus mengukuhkan kepengurusan di Konut. Dalam kepengurusan DPC Apdesi Konut, Asmudin Moita, S.Ag, dipercaya sebagai ketua untuk masa jabatan 5 tahun mendatang.

Pelantikan pengurus DPC Apdesi Konut oleh DPD Apdesi Provinsi Sultra, ditandai dengan penyerahan bendera Pataka Apdesi oleh H. Tasman, penyematan PIN Apdesi dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati, Ruksamin, Wakil Bupati, Abu Haera, Ketua DPRD, Ikbar, jajaran Forkopimda, para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut, camat, kepala desa, lurah, serta Ketua BPD se-Kabupaten Konut.

Asmudin Moita, S.Ag, dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada para kepala desa yang telah mengamanahkan kepadanya, untuk menjadi Ketua DPC Apdesi Kabupaten Konut.

“Apdesi merupakan wadah komunikasi, koordinasi, dan mampu bersinergi membantu dan mendampingi pemerintah desa, dalam melaksanakan program pembangunan desa dan ikut meningkatkan kualitas desa,” ujarnya.

Dengan terbentuknya DPC Apdesi Konut kata Asmudin, dapat memberikan peran penting terhadap pembangunan daerah di Kabupaten Konut, dengan cara menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah dan lembaga non pemerintah, dalam rangka percepatan pemberdayaan dan pembamgunan desa.

“Kemitraan itu penting, yang tentu harus disertai pengembangan konsep akuntabilitas organisasi DPC Apdesi Konut, baik secara internal maupun eksternal,” katanya.

Sementara itu, Bupati Konut, Ruksamin dalam sambutannya, mewakili pemerintah dan masyarakat, mengucapkan selamat atas terpilihnya ketua dan pengurus DPC Apdesi Kabupaten Konut tahun 2022-2027.

Ruksamin memaparkan, berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Konut tahun 2021, berada di angka 0,6254, masuk dalam kategori status berkembang dan menempati urutan ke-delapan dari 17 kab/kota se-Sultra.

Secara spesifik Berdasarkan data IDM tahun 2021 pula, enam desa di Konut masuk dalam klasifikasi maju, sisanya sebanyak 113 desa berstatus berkembang, dan berstatus klasifikasi tertinggal sebanyak 40 desa, serta tidak ada desa yang berstatus klasifikasi sangat tertinggal.

Angka tersebut jauh meningkat, jika dibandingkan saat dirinya pertama kali menjadi bupati tahun 2016, IDM Konut berada di angka 0,5236 dengan status tertinggal, menempati urutan paling akhir se-kab/kota Sultra. Peningkatan tersebut menurut Ruksamin, berkat kerja sama dengan pemerintah desa saat ini.

“Hal ini patut disyukuri, karena kerja keras kita sudah menunjukkan hasil yang cukup baik dan akan kita tingkatkan pada tahun – tahun mendatang,” ucap bupati.

Menurut Ruksamin, suksesnya pembangunan di desa, sangat menentukan kesuksesan pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Konut, bahkan pembangunan nasional secara keseluruhan, sehingga para pengurus DPC Apdesi Konut diharapkan terus berinovasi.

Tak lupa Ruksamin memberikan empat poin arahan kepada Pengurus DPC Apdesi Konut terpilih, yaitu:
1. Pemberdayaan aparatur pemerintah dan lembaga-lembaga desa serta masyarakat pedesaan;
2. Mencerdaskan masyarakat pedesaan melalui berbagai kegiatan-kegiatan;
3. Menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera, serta pengelolaan percepatan pembangunan desa;
4. Memperkuat posisi dan eksistensi desa sebagai pondasi pemerintah Indonesia, sebagaimana tercantum dalam nawacita Presiden Joko Widodo yaitu pembangunan yang dimulai dari desa.

Bupati juga mengarahkan kepada pengurus DPC Apd


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.