Sahuti Aspirasi Masyarakat, Dishub Konut Bakal Tinjau Jalan PT BNN di Andowia


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Koalisi Masyarakat Peduli Konawe Utara (Kompak) menyambangi Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Konut, pada Selasa (2/8/2022).

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan, Mirwan Mansyur, SH. Pertemuan ini juga dihadiri Kabid Angkutan, Sarman, Kasi Pengawasan, Rahman, Kanit Patroli Polsek Asera, Iptu Suhartono, Kanit II Sat Intelkam Polres Konut, Ipda Herman Eka Purnama, SH. Adapun dari Kompak dipimpin oleh Korlap, Ikbal, S.Kom.

Kedua belah pihak kemudian melakukan diskusi, terkait jalan hauling oleh PT Bumi Nikel Nusantara (BNN), perusahaan di bidang pertambangan nikel yang beroperasi di Desa Puusuli, Kecamatan Andowia.

Ikbal mewakili masyarakat, menjelaskan bahwa sesuai rekomendasi Dishub Konut, PT BNN tidak komitmen terhadap perbaikan jalan umum. Ia pun mendesak dicabutnya rekomendasi pelintasan jalan perusahaan.

Menanggapi ini, Kadis Perhubungan menjelaskan, rekomendasi yang dikeluarkan oleh Dishub, sejatinya tidak dapat dijadikan pegangan oleh PT BNN untuk beraktivitas di Andowia.

Sebab, dari Dishub hanya menerbitkan rekomendasi kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) untuk menerbitkan izin.

“Jadi pegangan perusahaan itu izin, bukan rekomendasi. Jadi perusahaan itu keliru, dia pegang rekomendasi dia anggap itu izin, padahal bukan,” ujarnya.

Namun demikian Dishub Konut siap melakukan investigasi di lapangan terkait jalan hauling PT BNN. Apabila terjadi pelanggaran akan dilakukan kajian ulang.

Usai pertemuan tersebut, dari pihak Kompak mewakili masyarakat, mengaku bakal melakukan diskusi selanjutnya dengan Dishub, setelah melakukan pengecekan di lapangan, terkait kondisi jalan yang digunakan PT BNN.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.