Laksanakan Berbagai Program, Kades Lameoru Optimis Daya Saing Meningkat


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Lameoru, Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara (Konut), melaksanakan berbagai program pembangunan, demi kepentingan masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Lameoru, Musmuliati, S.Sos, kepada media Rakyatpostonline, Selasa (26/7/2022), mengungkapkan bahwa program tahun 2022 ini berjalan sesuai hasil rapat, mulai dari musyawarah dusun (Musdus), sampai ke jenjang Musdes.

Diungkapkan, anggaran yang turun di Desa Lameoru yakni dari APBN Dana Desa (DD) Sebesar Rp590.937.000 dan Alokasi Dana Desa (ADD) Pemkab Konut, senilai Rp346.020.000.

“Total jumlah dari DD dan ADD sebanyak Rp936.957.000 dan untuk belanja sebesar Rp848.176.200. Itu semua sesuai dengan APBDes Lameoru 2022,” bebernya.

Dana tersebut dimanfaatkan Pemdes Lameoru untuk berbagai program. Antara lain Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD, mulai dari tahap pertama sampai dengan tahap kedua yang telah tersalurkan kepada 66 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Tahap pertama yakni selama Januari, Februari, dengan Maret dan di tahap kedua April, Mei, sampai bulan Juni, selama enam bulan terima sebesar Rp1.800.000,” ujarnya.

Selain itu, ada program ketahanan pangan dengan biaya dari anggaran DD, Pemdes membuka lahan, lalu dilakukan penanaman jagung, kopi, dan sayur-sayuran.

Kemudian dalam upaya memutus penyebaran mata rantai Covid-19, Pemdes Lameoru mengadakan pembelian obat Herbal MJA, lalu dibagikan ke seluruh kepala keluarga.

Kemudian ada juga penyaluran bantuan stunting kepada para usia dini. Demi mencegah terhambatnya tumbuh kembang anak, diberikan asupan gizi yang cukup.

Kades Lameoru optimis, seluruh program yang dijalankan pihaknya, membawa manfaat besar bagi masyarakat, utamanya untuk jangka panjang dari berbagai aspek, mulai dari kesejahteraan, hingga upaya pembentukan sumber daya manusia yang baik.

Sikap optimisnya itu berdasar, lantaran seluruh program yang dijalankan, sesuai kebutuhan masyarakat, dengan selalu mengedepankan musyawarah. Kades yakin, berbagai kiat ini mampu meningkatkan daya saing daerah, sehingga setara bahkan unggul dari desa lainnya.

“Aspirasi masyarakat yang utama. Program selalu dijalankan selaras dengan kebutuhan serta tepat sasaran kepada masyarakat. Kami optimis Lameoru semakin maju kedepannya,” tutup Musmuliati.


Laporan : Din

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.