Program P2KP Bupati Konut Bakal Panen pada 17 Agustus 2022

Ketgam pekarangan kantor Dinas perkebunan dan Hortikultura Konut,di fungsikan menanam Sayuran,(*Din/Rp)


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Program Pengembangan Kebun Pekarangan (P2KP) yang dicanangkan Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin dimanfaatkan dengan baik Dinas Perkebunan dan Hortikultura Konut.

Lahan kosong pekarangan kantor difungsikan dengan menanam berbagai macam jenis sayuran, antara lain kangkung, bayam, timun, kacang panjang, cabai, semangka, melon, cabai dan tomat.

Kepala Bidang (Kabid) Hortikultra Dinas Perkebunan dan Holtikultura Konut, Imran Moita mengatakan, Program P2KP yang digagas Bupati Konut, memiliki manfaat postif, karena hasilnya tidak hanya bisa dikonsumsi, tapi juga menambah pundi-pundi penghasilan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Jumlah tanaman di pekarangan kantor Dinas Perkebunan dan Hortikultura Konut cukup banyak, mulai dari kangkung sebanyak 16 bedeng, bayam 5 bedeng, timun 4, kacang panjang satu bedeng, juga ada tomat, cabai, lemon, semangka, dan lain-lain.

“Jika diestimasikan nilai jualnya mencapai Rp15 juta. Masa tanam berkisar 2 sampai 3 bulan tergantung jenis sayuran yang ditanam. Insyaallah tepat di 17 Agustus kita sudah bisa panen,” ungkap Imran Moita.

Program P2KP ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik, tak hanya di lingkup pemerintah saja, tapi juga di seluruh lapisan masyarakat, terlebih program tersebut juga sudah didukung dengan peraturan bupati (Perbup).

“Kita bisa peroleh hasil yang baik, asalkan ada keseriusan dan kemauan. Bercocok tanam seperti ini, jadikan sebuah seni dan olahraga agar semangat kita terus terdorong, jangan jadikan beban, karena hasilnya kan kita sendiri yang akan nikmati. Selain sehat kita juga bisa tambah penghasilan ekonomi,” ucapnya.


Laporan : Din

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.