Ruksamin Terbitkan SK Siaga, Seluruh OPD Bersiap Tangani Bencana


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Intensitas hujan begitu tinggi selama beberapa hari terakhir. Kondisi ini jelas berpotensi buruk pada Kabupaten Konawe Utara (Konut) yang menjadi wilayah langganan banjir selama beberapa tahun terakhir.

Bupati Konut, Ruksamin, melalui potongan video berdurasi 01.20 detik yang diunggahnya di akun media sosial facebook pribadinya, pada Minggu malam (10/7/2022), mengatakan jika hujan terus menghantam wilayahnya.

Oleh karena itu, ia menyampaikan kepada forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), seluruh kepala OPD, camat, kepala desa, hingga seluruh masyarakat Konut agar waspada potensi banjir.

“Posisi air yang ada di perbatasan antara Landawe dan Langgikima, sisa 1 meter mencapai jalan, artinya posisi air akan terus naik,” terangnya.


Orang nomor satu di Konut itu pun mengimbau agar siaga bencana banjir, selalu berhati-hati sebab bencana bisa saja datang kapan pun, terlebih ketika tengah tidur pulas malam hari, maka sangat berbahaya.

Bupati Konut pun menerbitkan SK Nomor: 362/6803/2022 tentang Peringatan Dini (Early Warning) Siaga Darurat Banjir dan Tanah Longsor Serta Cuaca Ekstrem.

Ruksamin dalam SK tersebut, menginstruksikan kepada seluruh OPD terkait untuk menyiapkan personil dan peralatan penanganan bencana.

“Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di sekitar area yang berpeluang/berpotensi terjadi bencana, untuk tetap siaga dan waspada,” tutup Ruksamin secara tertulis.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *