Tinjau Banjir Lumpur di Boenaga, Ketua DPRD Konut Bakal Panggil PT MSSP dalam RDP


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Masyarakat Desa Boenaga, Kecamatan Laloso Kepulauan (Laskep) diterpa derita, akibat aktivitas penambangan oleh PT Manunggal Sarana Surya Pratama (MSSP) di wilayah tersebut.

Dalam potongan video serta beberapa jepretan foto yang diterima redaksi Rakyatpostonline, pada Rabu (6/7/2022), luapan lumpur dan batu-batuan membanjiri SDN 4 Lasolo, bahkan merembes hingga ke pemukiman warga.


Para murid yang biasanya tertib bersekolah, kini harus berjibaku dengan endapan lumpur. Sejumlah warga juga mengalami kerugian materiil.

Musibah banjir lumpur yang melanda warga Desa Boenaga ini, mendapat perhatian serius dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut.

Merespon cepat dengan kondisi warga yang memprihatinkan, Ketua DPRD Konut, Ikbar didampingi Ketua Komisi ll, Rasmin Kamil, serta beberapa anggota legislatif turun langsung meninjau kondisi warga dan lokasi bencana.

Rombongan DPRD Konut bersama Pemerintah Kecamatan Laskep tiba di Boenaga pada Kamis (7/7/2022). Mereka langsung menulusuri seluruh lokasi bencana dan titik terjadinya banjir lumpur. Aksi itu juga dihadiri dari TNI, dan pihak Polres Konut.

Usai peninjauan, Ikbar yang bergelar magister hukum ini, langsung menyambangi korban, memberikan dukungan moril. Dirinya menyatakan sangat prihatin atas musibah yang menimpah warga Boenaga.

“Musibah yang menimpah warga Boenaga merupakan tanggung jawab kita yang harus kita tuntaskan. Kami sudah meninjau semua, dan segera melakukan proses penindakan,” tegas Ikbar.

Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini, juga telah menganggendakan pemanggilan kepada pihak PT MSSP karena diduga menjadi dalang dari banjir lumpur.

“Kita akan segera menggelar Rapat Dengar pendapat (RDP) dengan memanggil seluruh pihak terkait. Dijadwalkan hari Jumat,” ungkapnya.

Ditempat itu, Ketua DPRD Konut beserta tim juga menyalurkan berbagai paket bantuan kepada warga terdampak. Hal itu dimaksudkan, sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan atas musibah yang terjadi.

“Kami dari DPRD yang telah diberi amanah oleh masyarakat akan terus mengawal persolan bencana yang menimpa warga Desa Boenaga,” tutupnya.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!