Kawal Aspirasi Perbaikan Jalan Landono, Wabup Konsel Bertemu Sekda Sultra


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.Com – Masyarakat Kecamatan Landono, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang tergabung dalam Perkumpulan Masyarakat Tolaki (PMT) bersama Lembaga Bantuan dan Penegakan Hukum (LBPH), berorasi dan memblokade ruas jalan Landono-Kendari, Kamis (30/6/2022).

Blokade ini dilakukan sebagai aksi protes, lantaran kondisi jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), rusak parah dan tak kunjung dilakukan perbaikan.

Dihari yang sama, Wakil Bupati (Wabup) Konsel, Rasyid bersama dengan Kapolres Konsel, AKBP Wisnu Wibowo turun langsung di lokasi orasi menenangkan pendemo.

Setelah melaksanakan dialog, masyarakat akhirnya bersedia membuka akses jalan tersebut untuk dilalui kendaraan. Amarah massa mereda, karena adanya jaminan penanganan jalan oleh Wabup Rasyid yang berjanji bakal menyampaikan aspirasi masyarakat ke Pemprov Sultra.

Tak menunggu waktu lama, Hari ini Jumat (1/7/2022), Wabup Konsel didampingi Staf Ahli Armansyah, bertolak ke Kendari, hendak bertemu Gubernur Sultra, H Ali Mazi untuk meneruskan aspirasi masyarakat Landono sesuai kesepakatan sebelumnya.

Namun karena 01 Sultra sedang berada di luar daerah menghadiri HUT Kabupaten Buton Utara (Butur), sehingga Wabup Konsel selanjutnya mengagendakan berjumpa Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sultra, Asrun Lio

Diterima di Rumah Jabatan (Rujab) Sekda Provinsi, mantan anggota legislatif Konsel dua Periode ini, menyampaikan maksud kedatangannya. Dalam suasana keakraban keduanya kemudian membangun dialog.

“Saya berkunjung untuk meneruskan aspirasi masyarakat Landono, terkait ruas jalan rusak yang sudah tidak layak dilalui kendaraan. Kiranya Pemprov Sultra segera melakukan perbaikan,” kata Wabup Rasyid di hadapan Sekda Asrun Lio.

Wabup Rasyid juga mengatakan, kunjungannya sebagai bentuk keseriusan dirinya dan komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel dalam mengawal dan memperjuangkan keinginan masyarakat, khususnya mereka yang berada di Landono.

Rasyid berharap Pemprov Sultra segera merealisasikan pembangunan infrastruktur jalan di Landono, karena terbangunnya akses memadai ini, mampu mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat pada semua aspek.

Menanggapi itu, Asrun Lio yang juga selaku Ketua Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), menyambut baik kunjungan Wabup dan berjanji akan turut memperjuangkan aspirasi dimaksud, dengan terlebih dahulu melaporkan ke Gubernur Ali Mazi.

“Kami menerima aspirasi masyarakat Landono melalui Wabup dengan tangan terbuka, Insyaallah segera akan saya sampaikan ke gubernur jika sudah di Kendari, mungkin beberapa hari kedepan beliau datang. Jelasnya Pemprov juga terus berkomitmen membangun daerah, termasuk pengembangan infrastruktur jalan,” tukas Asrun Lio.

Diketahui, pertemuan akan kembali dijadwalkan pada Hari Rabu tanggal 6 Juli atau Kamis 7 Juli pekan ini, menunggu Gubernur Ali Mazi menyelesaikan lawatannya pada sejumlah daerah di Sultra.


Laporan : Ayu

Editor : Wal

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.