Danlanal Kendari Tabur Bunga di Makam Pahlawan Watubangga

Komandan Lanal Kendari, Letkol Laut Iwan Iskandar, M. Tr. Hanla., M.M, menabur bunga di makam pahlawan Watubangga. Minggu, (05/12/2021). (*Ist/RP)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Kendari, Rakyatpostonline.com – Sejarah panjang tercipta sejak awal perang kemerdekaan, hingga kini Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) terus membangun kekuatan pertahanan laut.
Sejarah Hari Armada dimulai pada awal periode perang kemerdekaan.

Menyambut Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2021, Pangkalan TNI Angkatan Laut Kendari melaksanakan acara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga yang berada di Kecamatan Baruga Kota Kendari, Minggu (05/12/2021).

Dalam ziarah Rombongan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Armada RI ke- 76 yang mengambil tema “Armada RI Kesatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Maju”. Turut hadir pengurus Daerah Jalasenastri Cabang 3 Korcaab VI.

Sebagai pimpinan ziarah, Komandan Lanal Kendari, Letkol Laut Iwan Iskandar, M. Tr. Hanla., M.M. yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Cabang 3 Korcaab VI DJA II Ny. Leni Iwan Iskandar menjelaskan bahwa dirinya sebagai pimpinan ziarah memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa dan negara.

Rangkaian ziarah dan tabur bunga diawali dengan persiapan pasukan, peletakan karangan bunga, kemudian penghormatan akhir kepada arwah para pahlawan dan selanjutnya dilaksanakan penaburan bunga.

Dalam masa penugasan mempertahankan kemerdekaan, Armada Rl telah berhasil melaksanakan berbagai operasi di laut, salah satunya adalah misi penerobosan blokade laut Belanda. Selain itu, Armada Rl juga berperan dalam penumpasan berbagai pemberontakan di Tanah Air, seperti pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII, dan PRRI Permesta. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!