Pertama di Sultra, Pemkab Konut Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri

Bupati Konut, H. Ruksamin melauncing Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). (*Ist)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Konawe Utara, Rakyatpostonline – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) melalui Dinas Dukcapil terus mengembangkan sistem pelayanan masyarakat berbasis teknologi.

Salah satu upayanya, yakni peluncuran Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), oleh Bupati Konut, Ruksamin, di Aula Kantor Kecamatan Lasolo, Senin (1/11/2021).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Sultra, jajaran Forkopimda, seluruh kepala OPD Pemkab Konut, Camat Lasolo, dan beberapa Kades.

Tak hanya itu, beberapa Kadis Dukcapil di beberapa kabupaten dan kota, hadir dalam peluncuran ini, antara lain Kendari, Konawe, dan Kolaka Timur (Koltim).

Kadis Dukcapil Konut, Drs. Mili, M.Si dalam sambutannya, menjelaskan bahwa moto OPD yang dipimpinnya, yaitu memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat, pelayanan yang cepat, mudah, tertib, adil, transparan, dan gratis.

”Untuk mewujudkan moto tersebut, kami melakukan beberapa inovasi, yaitu melakulan pelayanan terintegrasi, melakukan pelayanan online baik melalui Whatsapp maupun Website, kemudian melakukan jemput bola di desa-desa secara door to door juga di sekolah-sekolah. Kemudian rekam cetak di tempat, tidak ada lagi berkas yang kami bawa ke kantor,” ungkap Mili.

Diluncurkannya ADM ini, masyarakat diharapkan betul-betul memahami keberadaan sistem ini, sehingga Dukcapil dengan mudah dan cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar dapat meminimalisir kendala yang terjadi dalam pengurusan administrasi data kependudukan.

Dalam rangkaian acara ini, Bupati Konut, Ruksamin dalam sambutannya, mengapresiasi dengan dihadirkannya ADM di tengah-tengah masyarakat, sebagai wujud dari visi-misi H. Ruksamin dan H. Abu Haera yaitu Konawe Utara Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing (Konasara).

”Pada misi keempat yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, yang kuat, dan salah satu implementasinya adalah memberikan pelayanan yang prima dan begitu cepat. Alhamdulillah belum cukup 1 tahun pemerintahan H. Ruksamin dan H. Abu Haera, berdaya saingnya sudah mulai terbentuk, dimana ADM ini baru pertama kali di Sultra,” ujar Ruksamin.

Orang nomor satu di Konut ini juga menjelaskan, fungsi alat yang hari ini diluncurkan, dapat mencetak dokumen-dokumen kependudukan seperti KTP, KK, KIA dan Akta Kelahiran. Ia pun tidak lupa mengintruksikan kepada Dinas Dukcapil agar pelayanan terus ditingkatkan.

”Saya minta kepada Kepala Dinas Dukcapil, agar paling lambat Januari 2022 pelayann kita sudah jadi level 4, apa yang bapak butuhkan tinggal sampaikan ke bupati, saya siapkan untuk bapak. Berani kita menyuruh, berarti berani kita siapkan,” ungkap Ruksamin.

Untuk mendukung program ini, H. Ruksamin juga mengintruksikan kepada para Camat dan Kades untuk aktif dalam pengadministrasian data kependudukan. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *