https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Melalui Dana Desa, Kades Lerepako Genjot Tata Kelola Pembangunan Desa

Pekerjaan Lampu Jalan Umum di Desa Lerepako. Kamis, (04/06/2020). (Dedi/Sultan/Rakyatpostonline.com)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Lerepako, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan, dipimpin oleh Nasaruddin saat ini mulai tancap gas membangun desa.

Menurut Nasaruddin, kepada Rakyat Post mengatakan bahwa program Dana Desa (DD) di tahun anggaran 2020 tahap pertama sudah di realisasikan, adapun Item pekerjaan DD tersebut adalah pembangunan penerangan lampu jalan Umum sebanyak 135 titik yang pembangunannya tersebar di semua dusun.

“Perlu di ketahui bahwa program lampu jalan ini menggunakan Meteran (KWH) sendiri sebanyak 2 unit, jadi aliran listriknya tidak membebankan lagi ke rumah-rumah masyarakat. Selain itu ada juga pembangunan sumur bor 1 unit lengkap dengan Tower beserta mesinnya. Pembangunan rumah layak huni (Rumah Sehat) bagi warga desa lerepako yang kurang mampu,” tutur, Nasaruddin Kades Lerepako.

Pembangunan lampu jalan sementara proses pengerjaan, Lanjut Nasaruddin, yang melibatkan elemen masyarakat dan aparat desa sebagai pemberdayaannya, sebab dana desa ada dua tujuan yaitu pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Jadi semua program di desa lerepako berjalan sesuai regulasi yang ada yang sudah di tentukan oleh pemerintah yang mengacu pada aturan yang sebenarnya, dan melalui beberapa tahapan baik melalui musrembang seperti Musdes,” Ungkapnya.

Di tempat terpisah, Darsilan, S.Pd.,M.Pd, selaku tokoh masyarakat desa lerepako sangat mengapresiasi kinerja kades lerepako, “Pasalnya baru seumur jagung yaitu baru 3 bulan memimpin di desa ini, tetapi pembangunannya sudah mulai nampak di depan mata, maka kades saya Nazaruddin patut di apresiasi saya ajungkan 2 jempol buat kadesku,” Ucap Tokoh Masyarakat kepada Rakyat Post saat ditemui.

Masih Darsilan juga menuturkan, bahwa pihaknya salut dengan kades lerepako sebab memiliki jiwa kepemimpinan dan jiwa pembangunan untuk membangun desanya sangat tinggi maka kami sangat apresiasi kepemimpinan dalah hal pembangunan.

“Salah satu pembangunannya yang saya apresiasi adalah pembangunan lampu jalan umum yang sementara berjalan, apabila dimalam hari kini desa lerepako sudah terang bagaikan kota-kota kecil yang lagi berkembang,” Bebernya.

Sementara Mustajar, selaku TPK Desa Lerepako saat ditemui di lokasi proyek mengatakan, bahwa program DD di tahap pertama sudah mulai dilaksanakan, “Jadi semua program DD yang sudah kami rencanakan satu-persatu mulai kami realisasikan, dengan melibatkan warga setempat sebagai pemberdayaannya,” Tutup, Mustajar. (*Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *