Ruksamin Tawarkan Kerja Sama di UEA, Bidang Industri dan Ekspor Rempah Salah Satunya

Abu Dhabi, Rakyatpostonline.Com – Bupati Konawe Utara (Konut), Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., MT., IPU., Asean Eng, mendapat undangan dari Menteri Perekonomian Uni Emirat Arab (UEA), dalam acara Platform Investasi Internasional.

Berdasarkan undangan Menteri Perekonomian UEA itu, Ruksamin menghadiri acara konferensi tahunan kedua Investopia di Abu Dhabi, mulai tanggal 2-3 Maret 2023.

Dalam forum ini, Ruksamin merupakan kepala daerah termuda yang hadir di acara kelas dunia tersebut, bersama para penjabat dari seluruh negara belahan dunia.

Selain menghadiri Investopia, Ruksamin berkunjung di Khalifa University UEA, pada Kamis (2/3/2023). Ia diterima oleh beberapa profesor ternama.

Mereka kemudian berbincang terkait peran universitas ini dengan kontribusinya pada pertumbuhan ekonomi di UEA, sehingga nantinya juga dapat dikembangkan di Kabupaten Konut, secara umum di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dialog yang terbangun bersama para profesor ternama, memberikan kontribusi positif, salah satunya Ruksamin meminta untuk dilakukan kerja sama.

“Jika sudah diterima, akan saya siapkan anak-anak Konawe Utara untuk mengikuti pendidikan di Abu Dhabi,” ujarnya.

Usai lakukan kunjungan di Khalifa University, Ruksamin yang pernah menduduki jabatan Ketua DPRD Konut ini, kembali diterima oleh Duta Besar Indonesia UEA, Husin Bagis. Dalam pertemuan itu, Ruksamin dijamu makan siang bersama.

Dalam perjamuan tersebut, dirinya kembali menawarkan kerja sama di bidang pembangunan infrastruktur, mulai dari pelabuhan dan energi terbarukan seperti PLTA, bahkan beberapa rempah-rempah seperti cengkeh, kelapa, lada dan pala untuk dipasarkan di UEA.

Alasan Ruksamin memilih UEA dalam tawaran kerja sama ini, ia melihat negara ini begitu luar biasa. Awalnya Abu Dhabi di tahun 1960-an hanya mengandalkan sektor perikanan, kemudian ditemukan sumur minyak.

Dengan perkembangan yang begitu pesat, UEA sekarang mengandalkan minyak dengan pengelolaan ramah lingkungan. Bahkan sekarang juga sukses hingga ke dunia pendidikan, pariwisata, penerbangan yang membuat negara ini menjadi salah satu pusat ekonomi dunia.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *